72 Desa di Lampung Belum Terpasang Listrik

id pln, desa tak teraliri listrik

72 Desa di Lampung Belum Terpasang Listrik

Kantor PLN Lampung (antaralampung/Damiri)



     Bandarlampung,  (Antaranews Lampung) - Berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sebanyak 2.568 dari 2.640 desa yang ada di Provinsi Lampung yang telah terpasang listrik milik perusahaan listrik negara (PLN) dan tinggal 72 desa yang belum teraliri.

     "Dari total tersebut, sebanyak 72 desa lagi yang belum terpasang lsitrik dari PLN. Itu yang sudah terdaftar di Kemendagri dan sudah ada nomor desanya," kata Reza Aji Ismail Divisi Perencanaan Listrik Perdesaan PLN Distribusi Lampung di Bandarlampung, Jumat.

     Reza melanjutkan dari 72 desa yang belum terpasang listrik, ada sebanyak 13 desa yang telah diusulkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI menggunakan Revitalisasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pada tahun 2019.

     "Untuk rasio desa berlistrik PLN di Provinsi Lampung ini sekarang per-Januari ini diangka 97,27 persen secara jumlah desa," kata dia menerangkan.

     Dia menambahkan sebanyak 59 desa sisanya di luar yang tidak diusulkan PLTS itu, rencana akan dibangun oleh PLN pada tahun 2019 ini. Pembangunan listrik meliputi di pulau-pulau seperti Legundi, Tabuan, Pisang dan lainnya.

     "Karena di tahun 2019 ini digalakkan 100 persen rasio berlistrik, tentunya PLN akan bekerjasama dengan pemerintah dan bersinergi dengan masyarakat setempat. Setiap ingin membangun biasanya kita melakukan sosialisasi dulu. Artinya bersama-sama proyek pembangunan listrik ini kita kerjakan agar berjalan dengan sukses, lancar, dan tepat waktu," kata dia.