Mahasiswa KKN PPM Itera Buat Maket Desa Hanura

id KKN PPM Itera di Pesawaran, KKN Itera, Mahasiswa KKN Itera,Maket Desa Hanura

Penutupan kegiatan KKN PPM Itera periode I Tahun 2018, di Aula Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Sabtu (26/1). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

 

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Program Pengabdian Masyarakat (KKN PPM) Institut Teknologi Sumatera (Itera) melaksanakan program perencanaan desa dengan membuat maket desa setempat menggunakan pembiayaan dari dana desa yang tersedia.

Ketua Kelompok Mahasiswa KKN Itera Farras Alwan, Sabtu (26/1), mengatakan bahwa selama berada di Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung banyak bekerjasama dengan perangkat desa dan karang taruna dalam melaksanakan program-program yang telah disusun sebelumnya. Pembiayaan kegiatan pun sebagian menggunakan dana desa, sehingga mahasiswa benar-benar dapat mengerjakan program yang sesuai dengan kebutuhan desa tersebut.

Pembuatan maket desa merupakan salah satu program kerja kelompok mahasiswa peserta KKN PPM di Desa Hanura.

Menurut Sekretaris Desa Hanura Yudi Apriyanto, dengan adanya maket desa akan lebih memudahkan perangkat desa untuk membuat perencanaan pembangunan. Demikian juga dengan peta potensi, fasilitas umum, dan peta geomorfologi yang sangat dibutuhkan oleh desa.

Desa Hanura di Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran merupakan desa pertama yang mempunyai maket desa di Kabupaten Pesawaran.

Yudi Apriyanto memberikan sambutan pada penutupan kegiatan KKN PPM Itera periode I Tahun 2018, di Aula Desa Hanura itu. "Kami membangun sesuatu harus punya dasar. Supaya tidak mubazir apa yang kami lakukan. Misalnya mau bangun sumur bor, kalau tidak tahu ada apa di bawah tanah, bisa kena batu atau pasir. Itu terjadi kalau tidak punya perencanaan, hanya mengandalkan permintaan," katanya pula.

Menurut Yudi, tingkat keberhasilan program kerja mahasiswa peserta KKN PPM di desanya mencapai nilai 99 dari 100.

KKN PPM Itera dilaksanakan setiap satu semester sekali dengan mahasiswa melaksanakan program-program pemberdayaan yang sebelumnya telah dikoordinasikan dan disesuaikan dengan kebutuhan desa dan keterampilan keilmuan mahasiswa.

KKN PPM Itera Periode I Tahun 2018 ini dilaksanakan sejak 27 Desember 2018 dan selesai pada 27 Januari 2018 di tiga kabupaten di Provinsi Lampung, yakni Pesawaran, Lampung Selatan, dan Pesisir Barat. Untuk wilayah Kabupaten Pesawaran terbagi menjadi dua lokasi kecamatan, yaitu Gedong Tataan dan Teluk Pandan.

"KKN di Kecamatan Teluk Pandan baru pertama kali dilakukan dan kelompok-kelompok mahasiswa tersebar di tiga desa, yaitu Sukajaya Lempasing, Hurun, dan Hanura," ujar Rinda Gusvita, Dosen Pendamping Kelompok KKN di Kecamatan Teluk Pandan.

Rinda berharap agar pada periode selanjutnya, kegiatan KKN PPM Itera dapat dipersiapkan dengan lebih matang lagi.

Desa Hanura juga telah menyiapkan rencana-rencana program di desa yang dapat diintegrasikan dengan kegiatan KKN mahasiswa sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan keterampilan mahasiswa. Dengan demikian, pembangunan di desa tidak lagi hanya terfokus pada pembangunan infrastruktur tanpa adanya pemeliharaan seperti yang dikeluhkan oleh banyak pihak. Lebih dari itu, pembangunan di desa dapat lebih mencakup pada tata administrasi, penguatan kapasitas kelembagaan, dan pemberdayaan masyarakat.
 
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar