Lampung Timur, eksportir utama rajungan

id Rajungan,kepiting,Lampung Timur

Lampung Timur, eksportir utama rajungan

File/Importir asal AS yang juga Direktur Blue Star Foods AS John R Keller bersama nelayan rajungan Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. ((FOTO: ANTARA/Andi Jauhari))

Lampung Timur (Antaranews Lampung) - Kecamatan Labuhan Maringgai di Kabupaten Lampung Timur ternyata merupakan penghasil utama kepiting laut atau rajungan di Indonesia. Daerah itu juga menjadi salah satu penyumbang komoditas ekspor perikanan nasional.
           
Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Lampung Imam Pudjono ketika dihubungi dari Lampung Timur, Senin, menyebutkan, selain Kabupaten Lampung Timur, kabupaten di Provinsi Lampung penyumbang komoditas ekspor rajungan adalah Tulangbawang dan Lampung Tengah.
         
"Kontribusinya 12 persen secara nasional dari tiga kabupaten itu, " kata Imam.
         
Imam menyebutkan ekspor kepiting rajungan itu dalam bentuk daging matang yang  diolah oleh  40 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di tiga kabupaten penghasil rajungan tersebut.
          
"Dalam bentuk daging ekspor rajungan itu, bukan rajungan yang ada cangkangnya. Negara tujuan ekspor paling besar Amerika Serikat," ujarnya.

 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar