China tumpas korupsi, Kepala Interpol pun diperiksa

id Interpol, China, pemberantasan korupsi

Meng Hongwei (net)

Beijing (Antaranews Lampung) - Pengawas penumpasan korupsi China pada Minggu malam menyatakan pihak berwenang China sedang menyelidiki Meng Hongwei, kepala badan penegak hukum dunia Interpol, yang dilaporkan hilang, atas dugaan pelanggaran hukum.

 Meng, yang juga wakil menteri keamanan umum di China, dilaporkan hilang oleh istrinya setelah pada bulan lalu pergi dari Prancis, tempat Interpol bermarkas, ke China.

 "Wakil Menteri Keamanan Umum Meng Hongwei saat ini diselidiki Komisi Pengawas Negara atas dugaan pelanggaran hukum," kata pernyataan singkat badan penumpasan korupsi China itu di lamannya.

 Pernyataan itu adalah yang pertama dari China sejak Meng dilaporkan hilang di Prancis pada Jumat.

Ketika ditanya tentang pengumuman China pada Minggu, Kementerian Dalam Negeri Prancis menyatakan tidak memiliki keterangan.

Kementerian Prancis itu pada Jumat menyatakan keluarga Meng tidak mendengar kabar darinya sejak 25 September dan pejabat Prancis mengatakan bahwa istrinya ditempatkan di bawah perlindungan polisi sesudah menerima ancaman.

 Polisi Prancis menyelidiki kasus itu yang secara resmi di Prancis disebut "penghilangan mengkhawatirkan".

Interpol pada Jumat menyatakan meminta Beijing menjelaskan keadaan Meng. Badan itu belum memberikan tanggapan pada Minggu.

   




 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar