perpustakaan keliling ramadhan dapat apresiasi

id motor pustaka

perpustakaan keliling ramadhan dapat apresiasi

Para siswa mengerubuti sepeda motor pustaka keliling dijalani Sugeng Hariyono, di SDN 1 Pasuruan, Lampung Selatan. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Waykanan, Lampung (Antaranews Lampung) - Taman Baca digelar Perpustakaan Keliling selama Ramadhan menyongsong berbuka puasa di Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung mendapat apresiasi dari beberapa pihak.

Ini merupakan program kegiatan setiap Ramadhan, dan terus akan dilangsungkan setiap hari selama bulan puasa ini," kata Eko Prasetyo pengelola Perpustakaan Keliling di Waykanan, Minggu (3/6).

Dia menjelaskan lokasi taman baca tersebut di komplek Tugu Ryacudu Blambanganumpu, karena banyak anak-anak yang bermain di sana dan pihaknya menyiapkan buku-buku menarik minat mereka untuk membaca.

Yang kita utamakan adalah anak-anak, semoga kegiatan ini juga bisa terus meembawa dampak posaitif bagi kita semua, ujarnya.

Warga Blambanganumpu, Riyan menyebutkan ngabuburit membaca buku di Tugu Ryacudu bisa sampai lupa waktu. Sebab adanya buku bacaan yang menarik membuatnya tidak sadar sudah berjam-jam membaca di tempat itu.

Buku-bukunya sangat bagus, saya hari ini baca buku tentang ensiklopedia kesehatan, saya juga baca buku fiqih di sini. Gak kerasa kalau sudah dua jam lebih membaca buku. Anak saya juga betah karena di sini ada buku kartun?kesukaanya, jelasnya.

Tugu Ryacudu, lanjut dia merupakan salah satu icon milik Pemerintaah Kabupaten Waykanan yang paling digemari anak-anak dan kaula muda untuk berkumpul pada Ramadhan.

Jadi bila ditempatkan di sini perpustakaan keliling itu sangat pas dan strategis apalagi bisa mengisi waktu sore sambil membaca buku, katanya.

Bunda Paud Kabupaten Waykanan, Dessy Afrianti Adipati mengemukakan kegiatan ini sangat bagus, apalagi untuk mengisi waktu kosong sambil menunggu berbuka puasa.

Selain itu, ia mengajak semua pihak untuk menaruh perhatian besar terhadap penyelenggaraan kegiatan anak-anak usia dini, karena perkembangan mereka membutuhkan bantuan agar pada saatnya nanti mereka memiliki kesiapan mental untuk memasuki pendidikan tingkat lanjut.

Saya memberikan apresiasi yang tinggi atas diselenggarakannya perpustakaan keliling pada bulan Ramadhan ini,? ujarnya.

Dengan kegiatan positif, lanjut dia akan dapat membantu perkembangan anak-anak, karena masa usia dini merupakan periode emas bagi perkembangannya untuk memperoleh proses pendidikan dan periode ini adalah tahun berharga bagi seorang anak untuk mengenali berbagai macam fakta di lingkungannya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Waykanan atas doa dan dukungan yang telah diberikan kepada kegiatan literasi ini demi memajukan? kecerdasan bangsa di Kabupaten tersebut.

Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya mengatakan dengan adanya layanan perpustakaan keliling diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan literasi bagi masyarakat dan anak?anak.

Perpustakaan keliling dalam layanannya membawa misi promosi literasi masyarakat, media survei minat baca masyarakat yang mulai berkurang,? ujarnya.

Ia menambahkan kegiatan ini merupakan program percontohan dan promosi kepada masyarakat bahwa Waykanan? memiliki perpustakaan keliling.

 Adipati mengharapkan, kedepan bukan hanya di satu tempat tetapi bisa keliling selama 30 hari di Ramadhan.

 
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar