Sertijab Komandan Brigif-3 Marinir

id Sertijab Komandan Brigif-3 Marinir, Marinir Lampung, Pangkalan TNI AL Lampung

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal (Mar) Bambang Suswantono SH MH MTr (Han)--tengah--memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Brigade Infanteri-3 Marinir, di Lapangan Mako Yonif-7 Marinir, Ketapang, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Sabtu (26/5). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Pesawaran, Lampung (Antaranews Lampung) - Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal (Mar) Bambang Suswantono SH MH MTr (Han) memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Brigade Infanteri-3 Marinir, di Lapangan Mako Yonif-7 Marinir, Ketapang, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Sabtu (26/5).


 


Jabatan Danbrigif-3 diserahterimakan dari Kolonel Mar Agung Trisnanto kepada Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno, dan bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol Mar Danang Ari MTr Hanla yang sehari-hari menjabat sebagai Danyonif-8 Marinir.


 


Kolonel Mar Bambang Hadi Suseno sebelumnya menjabat sebagai Danpuslatmar Kodiklatal, sedangkan Kolonel Marinir Agung Trisnanto dimutasi sebagai Pamen Denma Kormar untuk mempuh pendidikan Sesko TNI di Bandung.


 


Upacara serah terima jabatan diikuti oleh empat satuan setingkat batalion (SSY) dari kesatuan-kesatuan jajaran Brigif-3 Marinir terdiri dari Batalion Infanteri-7 Marinir, Batalion Infanteri-8 Marinir, Batalion Infanteri-9 Marinir, dan Batalion Infanteri-10 Marinir dengan menampilkan demo serbuan amfibi untuk melumpuhkan pertahanan musuh.


 


Komandan Korps Marinir menyampaikan bahwa sertijab merupakan proses pembinaan satuan yang lebih bermakna substansial untuk mendorong semangat regenerasi serta penyegaran pemikiran demi meningkatkan kinerja satuan. Selain itu, sertijab juga sebagai peluang dan tantangan untuk membangun reputasi , prestasi, sehingga kepemimpinan dan kreativitas serta konseptual bisa dikembangkan agar dapat membawa dampak positif dalam menyikapi fenomena perkembangan situasi saat ini.


 


“Brigif-3 Marinir adalah Komando Pelaksana Korps Marinir yang berkedudukan langsung di bawah Komandan Korps Marinir dan mempunyai tugas lainnya sesuai dengan kebijakan Korps Marinir. Mengacu dengan tugas tersebut maka keberadaan Brigif-3 Marinir memiliki nilai yang strategis, selain sebagai kekuatan militer terbesar di Lampung yang berhadapan langsung dengan Selat Sunda yang merupakan jalur pelayanan internasional (ALKI-I), juga berperan sebagai satuan ujung tombak terdepan di daerah perbatasan Selat Malaka dan Selat Singapura,” kata Dankormar itu pula.


 


Lebih lanjut Dankormar menekankan kepada seluruh jajaran Brigif-3 Marinir untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan operasional satuan agar mampu mengantisipasi segala kemungkinan timbul ancaman yang sewaktu-waktu dapat terjadi, serta tetap memelihara dan meningkatkan kemampuan profesionalisme keprajuritan melalui penyelenggaraan latihan yang dilaksanakan secara bertingkat dan berlanjut dengan tetap berpedoman pada prosedur sistem pembinaan latihan Korps Marinir.


 


Hadir dalam sertijab itu, Kabinda Lampung Brigjen TNI Daru Cahyono SE, Wadanpasmar 1 Kol Marinir M Nadir, Ketua Jalasenastri PG Kormar Ny Bambang Sus, para Asisten Dankormar, Danlanal Lampung Kol Laut (P) A Agung PS, Dansatpolair Polda Lampung, para Dankolak Kormar, Bupati Pesawaran serta tamu undangan lainnya.


 
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar