Korban banjir Sragi terima bantuan Dinsos Lampung

id banjir sragi,dinsos pemprov lampung,sumarju saeni,desa kuala sekampung

Korban banjir Sragi terima bantuan Dinsos Lampung

Penyerahan bantuan dari Dinas Sosial Provinsi Lampung kepada para korban banjir di Desa Kuala Sekampung, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan, Senin (12/3) (Foto : Humas Pemprov Lampung)

Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban para korban, dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, katanya
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Korban banjir di Desa Kuala Sekampung, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan menerima bantuan berupa paket makanan dan peralatan dari Dinas Sosial Provinsi Lampung, Senin (12/3).

Bantaun tersebut diserahkan Kepala Dinas Provinsi Lampung Sumarju Saeni mewakili Pjs. Gubernur Lampung Didik Supriyanto yang semula akan hadir namun berhalangan karena sejumlah kesibukan.

Siaran pers Humas Pemprov Lampung, Senin menyebutkan, bantuan yang diserahkan tersebut antara lain beberapa paket lauk pauk makan seperti kornet, ikan, daging ayam, makanan anak, matras, 10 lembar dan selimut 60 potong.

Pjs Gubernur Lampung melalui Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni minta agar masyarakat tetap tabah menghadapi kondisi cuaca yang sedang ekstrim ini yang bisa menyebabkan banjir.

"Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban para korban, dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Sumarju mengatakan Dinas Sosial Provinsi Lampung telah mensikapi kejadian bencana alam khususnya banjir periode Januari hingga Maret 2018 dengan terlebih dahulu mengirimkan bantuan untuk antisipasi di 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Di masing-masing kabupaten/kota juga telah tersedia cadangan beras untuk penanggulangan korban bencana alam sebanyak 100 ton untuk diberikan kepada korban.

Sumarju juga menjelaskan taruna siaga bencana (Tagana) selalu siaga dalam memberikan informasi baik data maupun kejadian secara cepat. Walaupun jumlahnya masih terbatas jika dibandingkan dengan luasnya wilayah, Tagana yang berjumlah 508 orang itu telah dilatih oleh Kemensos.

Idealnya, kata dia, jumlah Tagana yang dibutuhkan sebanyak 1.020 orang, Dinsos berharap melalui pembentukan 17 kampung siaga bencana (KSB) yang menyiapkan 60 kader di setiap desa/kelurahan, semestinya kekurangan itu bisa diatasi.

Sementara itu, Pemkab Lampung Selatan juga telah menyampaikan bantuan berupa bahan pangan, pakaian dan sarana pengungsian lainnya, termasuk air bersih.

Camat Sragi Bibit Purwanto mengatakan sebanyak 84 di Desa Kuala Sekampung terendam banjir dengan kedalaman setinggi lutut orang dewasa. Tagana telah memasang tenda pengungsian. Sebanyak 15 kepala keluarga (KK) sudah mengungsi, sedangkan 24 KK dalam proses evakuasi dan 45 KK masih bertahan di rumahnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Dinsos Pemprov Lampung yang telah memberikan bantuan dan perhatian kepada para korban banjir di Sragi.