Bantu Kurdi, Turki peringatkan Suriah

id Perang Irak dan Suriah, Gerilyawan Kurdi, Pesawat Rusia ditembak jatuh, Turki

Bantu Kurdi, Turki peringatkan Suriah

Penduduk Afrin memprotes pemboman yang dilakukan Turki/file (syriadirect.org/)

Damaskus, Suriah (Antara/Xinhua-OANA) - Pada Senin lalu, Turki memperingatkan Pemerintah Suriah agar tidak mengirim tentara ke Afrin untuk mendukung milisi YPG.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengadakan dua percakapan telepon terpisah dengan timpalanya dari Rusia Vladimir Putin dan Presiden Iran Hassan Rouhani guna memperingatkan agar tindakan semacam itu tidak dilakukan, demikian laporan Xinhua yang disiarkan Antara, Kamis.

        
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavarov pada Senin menyerukan perundingan langsung antara Damaskus dan Ankara guna menyelesaikan krisis Afrin.

        
Sementara itu Washington, meskipun menyatakan AS mendukung hak Turki untuk mempertahan diri, telah menyeru Ankara agar memperlihatkan penahanan diri.

        
Departemen Luar Negeri AS pada Selasa (20/2) menyatakan Menteri Luar Negeri Rex Tillerson dan Erdogan sepakat untuk mengadakan pertemuan lebih lanjut dan membentuk kelompok kerja guna meredakan ketegangan di Afrin.

        
YPG telah menguasai Afrin sejak 2012, setelah pasukan Pemerintah Suriah menarik diri dari daerah tersebut --yang kebanyakan warganya Suku Kurdi.

Penerjemah : Chaidar