Pemerintah pastikan Natal-Tahun Baru aman

id mendagri tjahyo kumolo, kapolri tito karnavian, tinjau pengamanan natal, malam misa natal

Pemerintah pastikan Natal-Tahun Baru aman

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kiri) menyampaikan sambutan di depan jemaat gereja saat meninjau misa Malam Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (24/12). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/ama/17

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang bhineka, bangsa yang toleran. Kami dari jajaran Polri memastikan seluruh kegiatan berjalan dengan baik

Jakarta (Antara Lampung)- Pemerintah memastikan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 berjalan dengan lancar dan aman.

Hal itu disampaikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam kunjungannya bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian ke Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (24/12).

Kehadirannya juga mewakili Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Pertama, saya menyampaikan salam hormat Bapak Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan mengucapkan Selamat Natal," kata Tjahjo.

Dia mengatakan dalam perayaan Natal kali ini, seluruh jajaran TNI dan Polri terus memastikan pengamanan agar Natal dan Tahun Baru berjalan damai dan kondusif.

"Kapolri dan jajarannya sudah menyiapkan pengamanan sampai ke kapolsek, TNI sampai ke koramil untuk memastikan setiap umat beragama mempunyai hak untuk beribadah sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing," katanya.

Dalam kesempatan sama, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan pihaknya menyiagakan pengamanan hingga 2 Januari 2018.

"Kegiatan Natal ini berbarengan juga arus mudik, karena kita mengerahkan personel di beberapa titik kemacetan Jalur Pantura, Jawa Barat dan simpul-simpul ibadah Natal, kita evaluasi terus sampai tanggal 2 Januari," ujarnya.

Tito mengatakan dengan keamanan, pihaknya meneguhkan bahwa Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang toleran.

"Bangsa Indonesia adalah bangsa yang bhineka, bangsa yang toleran. Kami dari jajaran Polri memastikan seluruh kegiatan berjalan dengan baik," ujarnya.

Hal sama juga disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Jenderal Hadi Tjahjanto yang mengatakan bahwa pihaknya sudah berkeliling ke tiga gereja untuk memastikan seluruh kegiatan aman.

"Kami memastikan agar operasi lancar, ibadah Natal aman, semoga semua bisa melakaksanakan ibadah Natal dan Tahun Baru dengan lancar," ujarnya.