Kontingen Lampung Raih Delapan Medali Olimpiade Sains

id Pelajar Lampung Raih Medali Olimpiade, OSN Lampung 2017, Pelajar Lampung Raih Emas OSN

Kontingen Lampung Raih Delapan Medali Olimpiade Sains

Kontingen OSN ke-16 Lampung meraih delapan medali, disambut di Bandara Radin Inten II sekembali dari Riau, Sabtu (8/7). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pelajar Kontingen Provinsi Lampung pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-16 berlangsung di Pekanbaru, Riau berhasil meraih delapan medali, yaitu satu emas, dua perak, dan lima perunggu.

Menurut informasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung di Bandarlampung, Minggu salah satu siswa utusan Provinsi Lampung pada OSN ke-16 di Riau itu berhasil meraih medali emas yaitu Nabila Aurelia Fatimah, siswa yang masih duduk di bangku kelas 5 SD Islam Az Zahra, Bandarlampung.

Medali emas itu merupakan pertama kalinya berhasil diperoleh untuk tingkat SD bagi daerah Lampung, setelah sekian lama dinantikan oleh masyarakat Lampung.

Ketika tiba di Bandara Radin Inten II Natar, Lampung Selatan, Sabtu (8/7), Nabila disambut oleh Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Teguh Irianto beserta rombongan, orang tua Nabila, Kepala SD Islam Az Zahra, Ketua Yayasan Fatimah Az Zahra, serta Tim Pengembang Pendidikan (TPP) Az Zahra.

Dalam penyambutan tersebut, Teguh memberikan selamat kepada para kontingen asal Lampung dengan mengalungkan karangan bunga. Pada tahun ini, Lampung membawa pulang total delapan medali dengan rincian satu emas, dua perak, dan lima perunggu.

"Tentunya ini menjadi motivasi bagi para pemenang untuk terus meningkatkan ke jenjang perlombaan berikutnya. Setiap pemenang akan mendapatkan beasiswa berprestasi berupa uang pembinaan selama satu tahun ke depan" ujar Teguh.

Nabila mengaku benar-benar tidak menyangka sebelumnya bahwa ia akan mendapatkan medali emas pada ajang OSN ini untuk bidang studi Matematika. Ia pun merasa bahagia dan bersyukur atas prestasi ini. Nabila mendapatkan uang pembinaan senilai Rp4 juta dan ditambah beasiswa senilai Rp2,5 juta.

Iqbal Hafidz Hakim selaku Kepala SD Islam Az Zahra menyatakan sangat bersyukur atas prestasi yang diraih oleh siswanya pada tahun ini, mengingat SD Islam Az Zahra yang masih berusia lima tahun bisa turut berkontribusi di dunia pendidikan khususnya di Provinsi Lampung.

"Hal yang sangat membanggakan adalah keberhasilan Nabila membawa pulang medali emas ini menandakan Lampung mampu bersaing dengan provinsi lain, dan medali emas yang diraih Nabila adalah pertama kalinya sepanjang sejarah keikutsertaan dalam ajang OSN untuk tingkat SD, katanya pula.

Atas keberhasilannya meraih medali emas di tingkat nasional itu, berbagai tawaran disampaikan kepada anak pertama pasangan Tina Riyanti dan Darma itu. Beberapa sekolah unggul sudah memintanya untuk melanjutkan SMP di SMP favorit tersebut, seperti SMP Kharisma Bangsa, SMP Pribadi Bandung, SMP Semesta BBS Semarang.

Nabila juga sudah diundang dan akan dijadwalkan untuk berjuang kembali di tingkat internasional, yaitu Singapore International Math Olympiad Challenge (SIMOC) pada 14-21 Juli mendatang. Kemudian dilanjutkan lagi di ajang International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) di Singapura pada November dengan final akan dilaksanakan di Belanda.

Dalam waktu dekat ini juga, Nabila yang menjadi perwakilan Lampung dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional akan berangkat ke Yogyakarta pada 8 Agustus 2017 untuk mengikuti babak final KSM tingkat nasional. Sebelumnya Nabila berhasil menjadi juara pertama pada KSM tingkat provinsi beberapa waktu lalu yang diumumkan oleh Kementerian Agama RI.