Mahasiswa-Dosen NTVU Tiongkok ke IBI Darmajaya

id Kepala Kantor Urusan Internasional (KUHI), IBI Darmajaya, Rahmalia Syahputri

Mahasiswa-Dosen NTVU Tiongkok ke IBI Darmajaya

Kepala Kantor Urusan Hubungan Internasional (KUHI) IBI Darmajaya Rahmalia Syahputri (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Lampung kembali menerima pertukaran mahasiswa dan dosen dari Nantong Vocational University (NTVU) Tiongkok yang mengikuti pertukaran program hingga 5 Juni 2017.

Kepala Kantor Urusan Internasional (KUHI) IBI Darmajaya Rahmalia Syahputri, di Bandarlampung, Senin, mengatakan, tak hanya saling memberikan pengetahuan di bidang akademik, melalui kerja sama itu mahasiswa dan dosen NTVU Tiongkok belajar Bahasa Indonesia serta melakukan petunjukan budaya dalam rangka perayaan 1 tahun Pusat Bahasa dan Kebudayaan Darmajaya-NTVU Chinese Centre.

Selain itu, mereka juga melakukan kunjungan ke Taman Nasional Way Kambas dan Pulau Pahawang untuk melihat keindahan pesona pariwisata di Provinsi Lampung.

"Kunjungan industri ke Great Giant Pineapple di Kabupaten Lampung Tengah juga dilakukan untuk melihat secara langsung lokasi dan proses industri di bidang pengolahan nanas lokal yang diekspor ke luar negeri dan berstandar internasional," katanya lagi.

Rahmalia berharap pertukaran program dapat bermanfaat bagi seluruh peserta. Mahasiswa dan dosen NTVU serta mahasiswa Darmajaya bisa saling berbagi ilmu pengetahuan dan wawasan kebudayaan untuk bersama meningkatkan kompetensi, kualitas dan daya saing

Pan Xiaomei, dosen School of International and Education Cooperation (SIEC) NTVU, mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan sivitas akademika Darmajaya dalam menerima kehadiran para mahasiswa dan dosen NTVU di kampus tersebut.

Dia mengunkapkan, selama sekitar dua minggu di Darmajaya, empat mahasiswa NTVU akan mengikuti pelatihan "programming" dan basir data di Laboratorium Career and Training Centre Darmajaya.

Pelatihan programming dan database akan diberikan oleh instruktur Training Center Darmajaya, Apri Triansah SKom, MTI dan asisten lab M Galih Ramaputra SKom.

"Pada akhir pelatihan, mahasiswa NTVU akan mengikuti ujian dan mendapatkan sertifikat programming dan database dari Training Center Darmajaya yang berlaku secara internasional," katanya lagi.

"Selain itu, saya akan mengajar Bahasa Mandarin kepada mahasiswa Darmajaya, dan Tian Yuan akan mengajar tentang Story Board Animation kepada asisten laboratorium Darmajaya," ujar Pan Xiaomei.***4***

(T.B014)

(T.B014/B/H009/H009) 29-05-2017 09:54:52