Selasa, 24 Oktober 2017

Listrik untuk desa terisolasi

id listrik, PLN
Listrik untuk desa terisolasi
Listrik PLTS (Antaranews)
Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Empat desa terisolasi di Kecamatan Bengkunat Belimbing Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung mengharapkan daerah mereka bisa terjangkau aliran listrik PLN, meski sebagian warga setempat sudah mendapatkan pasokan listrik dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).  

"Desa kami sejak lima bulan lalu sudah mendapatkan pasokan listrik PLTS, namun tak semua rumah warga bisa mendapatkannya. Kami mengharapkan bantuan pemerintah agar semua rumah warga bisa mendapatkan pasokan listrik, terutama  listrik PLN," kata Kepala Desa Wayharu Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung, Dian Setiawan.

Terdapat empat desa di Kecamatan Bengkunat Belimbing yang masuk daerah terisolasi, yakni Desa Wayharu, Waytias, Siring Gading dan Bandardalam, dengan total jumlah penduduknya sekitar 6.500 jiwa. Sejauh ini, hanya sebagian rumah warga yang sudah mendapatkan pasokan listrik PLTS. Tiap rumah mendapatkan listrik maksimum 300 watt.

Masing-masing Desa Wayharu dan Bandarlampung mendapatkan pasokan listrik untuk 300 KK, sedang Desa Siring Gading dan Waytias masing-masing hanya 110 KK. Angka itu menunjukkan bahwa pasokan listrik PLTS tidak cukup untuk menerangi semua rumah warga desa itu.
 
Jumlah penduduk DesaWaytias sekitar 200 KK, Wayharu (600 KK), Bandardalam (900 KK) dan Siring Gading sebanyak 400 KK.   Karena tidak semua warga yang bisa mendapatkan pasokan listrik, maka kecemburuan sosial yang akan timbul.
 Sehubungan itu, warga mengharapkan pemerintah menambah kapasitas PLTS di daerah mereka, agar semua warga bisa mendapatkan pasokan listik.
 
Meski demikian, pasokan listrik PLN yang menjadi idaman untuk mendorong pertumbuhan perekonomian mereka.

PT PLN Distribusi Lampung menyatakan bahwa sejumlah desa di daerah setempat akan terjangkau pelayanan listrik dan rasio elektrifikasi 99,97 persen pada 2019.
          
Tahun 2017, target PLN Lampung mengaliri listrik di 26 desa. Kemudian pada 2019 PLN Lampung meningkatkan kembali persentase dengan mengaliri aliran listrik kepada 38 desa, sehingga pada 2019 persentase akan naik menjadi 100 persen dengan mengalirkan listrik kepada 34 desa tersisa, kata General Manager PT PLN Persero Distribusi Lampung, Daryono.
          
PLN akan terus meningkatkan kemampuan dan kinerjanya dalam mewujudkan target Lampung Terang 2019. PLN akan meningkatkan kapasitas, kehandalan dan perbaikan tegangan, kemudian melaksanakan pembangunan pembangkit serta menyelesaikan pembangunan jaringan transmisi jalur timur guna mencapai "Lampung Terang 2019". 

Editor: Hisar Sitanggang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0097 seconds memory usage: 0.46 MB