Warga keluhkan pelayanan Puskesmas rawat inap Mesuji

id ilustrasi puskesmas, mesuji lampung, pelayanan puskesmas

Warga keluhkan pelayanan Puskesmas rawat inap Mesuji

Ilustrasi (ist)

Mesuji, Lampung  (ANTARA Lampung) - Warga Desa Wiralaga Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung mengeluhkan pelayanan Puskesmas Rawat Inap Wiralaga Mesuji karena dokter yang bertugas jarang berada di tempat, terutama pada malam hari.

Akibatnya, menurut sejumlah warga di sana, Rabu, warga yang berobat ke Puskesmas Rawat Inap Wiralaga Mesuji itu kurang optimal mendapatkan pelayanan kesehatan.

Menurut Jasmani (40), warga setempat, terdapat dua orang dokter yang bertugas di puskesmas rawat inap tersebut.

Namun dokter tersebut terutama pada malam hari kerap tidak berada di tempat, sehingga mengakibatkan pelayanan pasien yang datang menjadi kurang optimal.

Sejumlah warga setempat, lanjut Jasmani, mengeluhkan saat harus berobat karena sakit dan diantar ke puskesmas rawat inap itu pada malam hari menjadi kecewa karena mendapati dokter yang bertugas tidak berada di puskesmas rawat inap itu, yang ada hanya bidan dan perawat saja.

Akhirnya pasien harus menunggu hingga esok hari dokter datang di puskesmas rawat inap itu.

Menurut warga, dokter yang semestinya bertugas di Puskesmas Rawat Inap Wiralaga Mesuji tersebut ternyata membuka membuka praktik di rumahnya.

Mereka hanya berada di puskesmas itu pada siang hari, dan malamnya pulang ke rumah yang lokasinya berada cukup jauh dari Puskesmas Rawat Inap Wiralaga.

"Semestinya di puskesmas rawat inap, dokter harus selalu berada di tempat, lain hal jika memang ada kegiatan dinas luar," ujar Jasmani pula.

Dia berharap Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji dapat menindaklanjuti keluhan masyarakat khususnya warga Desa Wiralaga I dan Wiralaga II di Mesuji terkait pelayanan kesehatan di puskemas setempat yang dinilai tidak optimal.

Dia dan warga lain setempat meminta Dinkes Mesuji dapat menempatkan dokter yang dapat berjaga siang dan malam bertugas di puskesmas rawat inap.

Camat Mesuji Sunardi SE mengaku kerap mendapat laporan keluhan masyarakat terkait masih buruk pelayanan kesehatan yang ada di puskesmas rawat inap setempat, termasuk pelayanan di RSUD Mesuji.

"Memang beberapa warga mengeluhkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Rawat Inap Mesuji karena dokternya sering tidak berada di tempat. Mereka hanya ada di tempat pada siang hari saja, bila malam mereka enggan menginap. Secepatnya akan saya tindaklanjuti dengan melaporkan permasalahan ini ke pihak Dinkes Mesuji," ujar Sunardi pula. (Ant)