Mahasiswa Lampung Bakti Sosial Ramadan

id Bakti Sosial Ramadan Mahasiswa Lampung, Bakti Sosial Mahasiswa Lampung, Buka Bersama Teknokra Unila

Mahasiswa Lampung Bakti Sosial Ramadan

Bakti sosial mahasiswa IBI Darmajaya Bandarlampung. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist-Dok IBI Darmajaya)

Selain di IBI Darmajaya, di Kampus Universitas Lampung (Unila), mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa Teknokra Unila mengadakan buka bersama dan silaturahmi.....
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Aksi kepedulian terhadap sesama dilakukan mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya Bandarlampung memanfaatkan momen bulan suci Ramadan dengan menggelar bakti sosial.

Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika dan Sistem Informasi (Hima Misi) melakukan aksi penggalangan dana untuk disalurkan ke Panti Asuhan Al-Muqqaromah, Sukabumi, Bandarlampung, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (Hima MA) Darmajaya juga melakukan hal serupa di Panti Jompo Tresna Werdha Natar, Lampung Selatan, Minggu (19/6).

Ketua Pelaksana Andrio Wicaksono mengatakan, selain memberikan donasi berupa sembako, pakaian, alat tulis, dan sejumlah uang, pihaknya juga melaksanakan buka puasa bersama anak yatim piatu yang bertujuan mempererat silahturahmi.

Sumbangan secara simbolis diserahkan oleh Indra SKom MTI selaku Sekretaris Jurusan Sistem Informasi Darmajaya. Donasi tersebut diperoleh dari mahasiswa Darmajaya dan masyarakat umum melalui penggalangan dana yang dilakukan di lingkungan kampus setempat dan melalui nomor rekening.

"Selain memanfaatkan momen bulan suci Ramadan untuk beramal saleh, kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan. Hal ini sebagai salah satu upaya pembelajaran bagi mahasiswa dalam menumbuhkan empati dan rasa sosial terhadap orang lain," ujar mahasiswa Manajemen Informatika semester 2 itu pula.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada BRI Peduli dan Komunitas Mutiara Independen Lampung yang telah menyumbangkan dana, sembako, dan makanan untuk berbuka puasa bersama anak Panti Asuhan Al-Muqqaromah," ujarnya.

Tidak hanya di bulan Ramadan, lanjut Andrio, Hima Misi juga telah rutin melaksanakan bakti sosial pada bulan-bulan sebelumnya.

Hampir setiap bulan, Hima Misi menyempatkan diri mengunjungi panti asuhan untuk bermain dan belajar bersama anak-anak dalam mengenal komputer dan program office yang umum digunakan.

Rektor IBI Darmajaya Ir Firmansyah Y Alfian MBA MSc menuturkan jiwa sosial harus tumbuh pada setiap orang baik dalam bentuk simpati, empati dan berbagi secara nyata untuk orang lain.

Menurut dia, apa yang dilakukan mahasiswa ini menjadi salah satu cerminan rasa kepedulian tersebut. Bakti sosial untuk panti asuhan dan panti jompo juga bisa menjadi contoh bagi mahasiswa-mahasiswa lainnya dalam menumbuhkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama, katanya lagi.

"Saya ucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang telah berupaya melakukan kegiatan sosial dalam bentuk bakti sosial. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Selain di IBI Darmajaya, di Kampus Universitas Lampung (Unila), mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa Teknokra Unila mengadakan buka bersama dan silaturahmi di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Minggu petang.

Pemimpin Umum UPKM Teknokra Unila Kurnia Mahardika mengatakan, selain perwakilan unit kegiatan mahasiswa Unila, pihaknya juga mengundang perwakilan pengurus pers mahasiswa se-Lampung, para alumni Teknokra, dan pimpinan Unila. Sebelum buka bersama, diisi dengan tausiah dan doa bersama.

Sedangkan di sejumlah kampus dan sekolah di Bandarlampung, pada Ramadan ini menggelar pula kegiatan pesantren kilat dan Gema Ramadan.

Polda Lampung bersama sejumlah ormas Islam, didukung Pemprov dan Kanwil Kemenag Lampung selama sebulan pada Ramadan ini juga menggelar Lampung Mengaji 99 yang dipusatkan di sekitar Tugu Adipura pusat Kota Bandarlampung yang diisi lomba tausiah dan pengajian ayat suci Alquran.