Arsenal hadapi pertandingan ulangan Piala FA

id arsenea wenger, pealtih arsenal, piala fa, tanding ulangan, hull city

Arsenal hadapi pertandingan ulangan Piala FA

Laga ke-100 Arsene Wenger bersama Arsenal di Piala FA berakhir hambar setelah ditahan Hull City 0-0/ (reuters)

...Bukan kabar baik secara khusus, namun Hull bertahan sangat baik, kata Wenger...
London  (Antara/AFP/ANTARA Lampung) - Juara bertahan Piala FA Arsenal dipaksa memainkan pertandingan ulangan setelah bermain imbang tanpa gol melawan Hull City pada pertandingan putaran kelima mereka di Stadion Emirates pada Sabtu.

Arsenal, yang berupaya menjadi tim pertama sejak abad ke-19 yang menjurai Piala FA sebanyak tiga kali secara berturut-turut, mendominasi permainan namun tidak mampu menaklukkan kiper Hull Eldin Jakupovic, yang melakukan sejumlah penyelamatan gemilang.

Dengan Arsenal yang masih berjuang untuk menjuarai Liga Utama Inggris dan akan menjamu raksasa Spanyol Barcelona pada 16 besar Liga Champions yang dimainkan pada Selasa, prospek untuk memainkan pertandingan lain jauh dari ideal.

"Bukan kabar baik secara khusus, namun Hull bertahan sangat baik," kata pelatih Arsenal Arsene Wenger, yang pada pekan ini menolak usulan agar pertandingan-pertandingan ulangan Piala FA dihapus, kepada BT Sport ketika ditanyai mengenai lawatan ke markas Hull Stadion KC.

Wenger, yang timnya mengalahkan Hull di final Piala FA 2014 dan menyingkirkan mereka pada putaran ketiga musim lalu, membandingkan dukungannya untuk pertandingan-pertandingan ulangan pada diskusi-diskusi politik yang membuat Britania memiliki waktu sampai referendum 23 Juni perihal keanggotaan mereka di Uni Eropa.

"Saya menyukai ide bahwa di Inggris Anda tidak melakukan hal-hal seperti yang dilakukan di tempat lain. Itulah mengapa Anda bernegosiasi di Brussel pada momen ini," tambah pria Prancis berusia 66 tahun itu.

Sementara itu, pelatih Hull Steve Bruce memuji Jakupovic, satu dari sepuluh perubahan yang ia buat di tim intinya, dengan berkata, "Ia datang dan melakukan sejumlah penyelamatan bagus." Pada pertandingan lain yang dimainkan pada putaran kelima, tim Liga Utama Inggris Watford menang 1-0 atas tim Championship Leeds United berkat gol bunuh diri Scott Wooton pada menit ke-53.

Serangan koin Namun tim strata tertinggi Inggris West Bromwich Albion tersingkir setelah tim strata kedua Reading, semifinalis Piala FA musim lalu, bangkit dari ketinggalan untuk menang 3-1.

Daren Fletcher membawa tim tamu West Brom memimpin pada menit ke-54 namun pemain Reading Paul McShane memastikan keunggulan mereka di Stadion Madejski hanya berlangsung selama lima menit.

Michael Hector menanduk bola tendangan bebas untuk mengubah skor menjadi 2-1, sebelum pemain pengganti Lucas Piazon menambahi gol ketiga pada fase akhir pertandingan.

Namun hasil ini dibayang-bayangi insiden ketika bek Albion Chris Brunt terkena lemparan koin oleh salah satu penggemar klubnya, ketika ia ingin memberikan salam kepada para penggemar yang melakukan perjalanan tandang setelah peluit panjang berbunyi.

"Saya berjalan menuju para penggemar kami di salah satu sudut, dan mereka berpikir bahwa baik-baik saja untuk melempar koin ke para pemain mereka sendiri," kata Brunt kepada BBC Sport. "Saya merasa terganggu dan malu." Everton, yang trofi utama terakhirnya didapat ketika mereka memenangi Piala FA 1995, melaju ke perempat final setelah menang 2-0 di markas sesama tim Liga Utama Inggris Bournemouth pada pertandingan yang dimainkan paling akhir pada Sabtu.

Kiper Everton Joel Robles menggagalkan penalti Charlie Daniels pada babak pertama setelah tangan James McCarthy mengenai bola di kotak penaltinya sendiri.

Gelandang Inggris Ross Barkley melengkapi penderitaan Burnemouth ketika, dengan disaksikan pelatih timnas Inggris Roy Hodsgon di tribun penonton di Dean Court, tembakannya terdefleksi untuk melambung melewati kiper Adam Federici pada menit ke-55.

Romelu Lukaku mengubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan tim tamu, ketika penyeang asal Belgia itu mengemas gol ke-21nya musim ini saat pertandingan tinggal menyisakan 14 menit.

"Penyelamatan Robles mempertahankan kami tetap di pertandingan," kata Lukaku. "Merupaan anugrah untuk bermain di samping Ross Barkley dan mudah-mudahan kami dapat melakukan pekerjaan bagus secara bersama-sama." Pelatih Bournemouth Eddie Howe tidak meminta maaf karena tidak menurunkan tim terkuatnya.

"Saya memiliki banyak rekaman yang mengatakan bahwa liga merupakan prioritas kami," paparnya.

Pada Minggu, Chelsea, yang tidak diperkuat kapten John Terry karena cedera, akan menjamu sesama raksasa Liga Utam Inggris Manchester City.

Manuel Pellegrini, pelatih City, telah mengancam untuk menurunkan tim yang lebih lemah setelah FA tunduk pada permintaan pihak televisi untuk memindahkan pertandingan dari Sabtu.

City akan melawat ke markas Dynamo Kiev di Liga Champions pada Rabu, dan kemudian bermain melawan Liverpool di final Piala LIga Minggu depan.

Tottenham Hotspur berhadapan dengan Crystal Palace pada pertarungan lain sesama tim Liga Utama Inggris pada Minggu, sedangkan West Ham United melawat ke markas tim strata kedua Blackburn Rovers.

Sementara itu, Mancester United akan berupaya mengurangi tekanan terhadap pelatih Louis van Gaal setelah kekalahan 1-2 mereka di LIga Europa dari tim Denmark Midtjylland saat melawat ke kandang tim strata ketiga Shrewsbury Town pada Senin.