Dahlan: Indonesia butuh pemimpin berintegritas

id dahlan iskan, indonesia perlu pemimpin berintegritas

 Dahlan: Indonesia butuh pemimpin berintegritas

Dahlan Iskanis (Istimewa)

...Tetapi kalau kita ingin membuat kemajuan, maka dibutuhkan mereka yang mempunyai antusiasme dan fleksibilitas tinggi. Gabungan ketiganya akan mencapai puncak kinerja, kata Dahlan...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan punya resep sederhana dalam memilih pemimpin yakni dengan cara melihat aspek integritas, antusiasme dan fleksibilitas.

Siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Minggu, menyebutkan pernyataan Dahlan Iskan tersebut disampaikan pada acara "Inspiring Youth Leaders Forum (IYLF)" yang digelar Rumah Kepemimpinan PPSDMS, Sabtu (21/11).

Menurut dia, integritas paling utama dan tidak ada tesnya, hanya bisa dilihat dari "track record".

"Tetapi kalau kita ingin membuat kemajuan, maka dibutuhkan mereka yang mempunyai antusiasme dan fleksibilitas tinggi. Gabungan ketiganya akan mencapai puncak kinerja," ujar Dahlan di hadapan mahasiswa dan aktivis muda dari Jakarta, Bogor, Bandung dan Medan.

Dahlan menyayangkan kondisi sosial politik Indonesia belum optimal memberi kepercayaan kepada anak muda sehingga beberapa posisi stategis tetap dipegang kalangan tua.

"Percayalah anak muda itu yang dapat membuat kemajuan, berikan mereka kepercayaan dan kesempatan," seru Dahlan disambut tepuk tangan meriah.

Bukti bahwa kaum muda bisa berkarya nyata, antara lain, ditunjukkan Dalu N. Kirom, alumni Rumah Kepemimpinan Regional 4 Surabaya yang menggagas gerakan "Melukis Harapan", yakni mengubah kondisi warga di daerah eks-lokalisasi Dolly.

"Kami anak-anak muda Surabaya tergugah saat pemerintah menutup lokalisasi pelacuran terbesar di Asia Tenggara. Lalu, warga harus makan apa? Saat itu omzet transaksi haram bisa mencapai Rp1 miliar per bulan," ungkap Dalu, alumni FISIP Universitas Airlangga.

Dalu mengerahkan kawan-kawannya melakukan pemberdayaan agar warga membuat jajanan khas Surabaya dengan merek Samijali.

Mereka kemudian memasarkannya kepada warga Surabaya dan via media sosial.

Di samping itu, kaum muda dilatih berbagai keterampilan dan membuka perpustakaan anak/remaja.

"Tekad kami menjadikan Dolly baru sebagai pusat kuliner dan kreativitas anak muda," kata Dalu.

Tekad kaum muda itu disepakati Tri Mumpuni, pelopor tenaga listrik mikrohidrolik untuk wilayah pedesaan dan terpencil.

"Kaum muda harus mengasah empati, disamping kecerdasan dan keterampilan teknis. Karena perbaikan di negeri ini butuh modal sosial, di samping modal material dan teknologi," ujar Tri.

Pembina Yayasan Rumah Kepemimpinan Drs Musholi sangat terharu karena tokoh senior seperti Dahlan Iskan dapat hadir dan berdialog dengan anak muda.

"Kita harus menjembatani kesenjangan generasi. Perlu pewarisan nilai, termasuk integritas, antusiasme dan fleksibilitas kerja," jelas Musholi.

Pembinaan di Rumah Kepemimpnan berlangsung sejak 2002 dan berjalan tujuh angkatan. Sekitar 700 alumninya telah tampil menjadi wirausaha muda, akademisi, birokrat dan aktivis sosial.

"Kami menanamkan prinsip rendah hati, objektif, 'open mind' dan moderat (ROOM)," ujar Musholi.