Bayern 'Keok' 0-3 Dari Dortmund

id Bayern 'Keok' 0-3 Dari Dortmund, Liga Jerman, Eropa, Sepak Bola, Stadion, Opahraga, Sports, Borusia Dortmund, Bayern Munich, Munchen, Pep Guardiola

Sang juara Eropa telah gagal memenangi tiga pertandingan mereka, sejak mereka memastikan menjuarai Liga Jerman bulan lalu."
Berlin (Antara/AFP) - Juara Liga Jerman Bayern Munich menelan kekalahan keduanya secara beruntun di liga, ketika mereka takluk 0-3 dari tamunya Borusia Dortmund di Allianz Arena pada Sabtu.

Gol-gol dari Henrikh Mkhitaryan, Marco Reus, dan Jonas Hofmann memaksa Bayern untuk menelan kekalahan kandang pertamanya di Liga Jerman di Munich sejak Oktober 2012.

Sang juara Eropa telah gagal memenangi tiga pertandingan mereka, sejak mereka memastikan menjuarai Liga Jerman bulan lalu.

Pelatih Bayern Pep Guardiola mengakui bahwa melihat kemerosotan timnya merupakan sesuatu yang telah ia alami sepanjang empat tahun karirnya sebagai pelatih Barcelona.

"Pada babak pertama kami tidak tampil bagus, dan pada babak kedua kami entah kenapa mengalami kemerosotan," kata Guardiola.

"Itulah masalah yang Anda miliki ketika kami telah menjuarai liga. Ini telah terjadi kepada saya di Barcelona. Sampai sekarang kami merupakan tim yang sangat bagus saat bertahan. Hari ini kami tidak melakukannya."

Direktur olahraga Bayern Matthias Sammer berkomentar lebih keras.

"Kami memiliki masalah-masalah dengan ritme kami dan cara kami membangun permainan," ucapnya. "Kami tidak penah mengambil keputusan-keputusan yang tepat."

Kemenangan ini berati tim peringkat kedua Dortmund unggul tiga angka atas rivalnya Schalke 04, yang menduduki peringkat ketiga, dan berarti mereka sekarang dipastikan akan kembali ke Liga Champions musim depan.

Baik Bayern dan Dortmund akan memainkan pertandingan semifinal Piala Jerman pada tengah pekan, dan Guardiola menurunkan tim yang cukup kuat.

Bagaimanapun, tim tamu memilih membangku cadangkan penyerang bintang Robert Lewandowski. Pemain internasional Polandia, yang akan bergabung dengan Bayern pada musim depan, digantikan oleh Pierre-Emerick Aubameyang.

Pada babak pertama tidak tercipta banyak peluang, namun Dortmund membuka keunggulan pada menit ke-20.

Aubameyang meneruskan lemparan ke dalam Hofmann kepada Reus yang berada di dalam kotak penalti, dan pemain internasional Jerman itu kemudian mengoperkan bola kepada Mkhitaryan.

Gelandang Armenia itu menyentuh bola sebelum dengan tenang menyarangkan gol ketujuhnya musim ini melewati kiper Bayern Manuel Neuer.

Ini merupakan pertandingan kelima secara beruntun di mana Bayern kemasukan terlebih dahulu, dan peluang terdekat mereka untuk menyamakan kedudukan didapat ketika Mario Mandzukic melepaskan sepakan voli lurus ke arah Roman Weidenfeller sebelum turun minum.

Neuer terpaksa diganti akibat masalah betis saat turun minum, di mana Lukas Raeder kemudian menggantikan kiper nomor satu Jerman itu.

Pemain pengganti berusia 20 tahun itu kemasukan empat menit kemudian, ketika Mkhitaryan bergerak dari area lapangannya sendiri dan kemudian melepaskan operan sempurna tertuju pada Aubameyang.

Penyerang Gabon itu tidak egois dan membiarkan Reus menuntskan peluang untuk menjadi gol ke-14nya musim ini.

Tujuh menit kemudian Dortmund memastikan raihan tiga angka. Bek Bayern Javi Martinez terjatuh saat mengejar bola panjang, sehingga Hofmann memiliki banyak waktu untuk mengarahkan sepakannya.

Mandzukic mencetak gol namun dianulir karena offside sebelum Rafinha diusir keluar lapangan karena memukul Mkhitaryan saat pertandingan hendak usai, ketika Dortmund membalas dendam atas kekalahan 0-3 pada November silam.

                     Wolves ke peringkat keempat
Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, VfL Wolfsburg meneruskan upaya mereka untuk mendapatkan tempat di Liga Champions musim depan setelah menang 4-1 atas Nuremberg, yang mendongkrak mereka ke peringkat keempat di Liga Jerman pada Sabtu.  

Tim peringkat kedua dari bawah membuka keunggulan melalui Markus Fuelner, namun Wolfsburg bangkit dengan dua gol dalam rentang waktu empat menit.

Gol pertama yang disarangkan Olic merupakan gol ke-12nya musim ini yang dicetaknya dengan memanfaatkan umpan silang Kevin de Bruyne, kemudian gelandang Belgia itu memberi operan kepada Perisic untuk melambungkan bola melewati kiper Nuremberg Raphael Schaefer pada menit ke-22.

Junior Malanda mencetak gol saat pertandingan tinggal menyisakan 21 menit, sebelum Olic memberi umpan kepada Perisic untuk membuat Nuremberg merasakan kekalahan ketujuhnya dari delapan pertandingan.      

Kemenangan ini membuat Wolfsburg melompati Leverkusen, yang baru bermain pada Minggu, dan Borussia Moenchengladbach, yang ditahan imbang 1-1 oleh tamunya VfB Stuttgart.  

Daniel Didavi membuat Stuttgart unggul terlebih dahulu, namun  Tetapi tandukan Juan Arangi saat pertandingan tinggal menyisakan semenit mengamankan satu angka bagi Moenchengladbach.

Stuttgart sekarang unggul satu angka dari tim peringkat ketiga dari bawah Hamburg, yang kalah 1-2 di markas Hanover.  

Pelatih Hamburg Mirko Slomka kembali ke Hanover 96 untuk pertama kalinya sejak pemecatannya pada Desember, namun tim barunya tertinggal pada menit kesembilan ketika Lars Stindl mencetak gol melalui sundulan kepala.

Hamburg menyamakan kedudukan ketika Hakan Calanoglou menaklukkan kiper Hanover tiga menit babak kedua berlangsung, namun Didier Ya Konan mencetak gol saat pertandingan tinggal menyisakan empat menit untuk membawa Hanover unggul lima angka atas zona degradasi.

Pada pertemuan lain antara dua tim kandidat terdegradasi, Freiburg menaklukkan tim juru kunci Eintracht Braunschweig dengan skor 2-0, sedangkan  Sementara itu kandidat peserta Liga Europa Mainz menang atas tim papan tengah Werder Bremen dengan skor 3-0.

Penerjemah: A.R.A Adipati/A. Rachma.