DPP Berhentikan Ketua PAN Lampung Abdurachman Sarbini

id DPP Berhentikan Ketua PAN Lampung Abdurachman Sarbini

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) memberhentikan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Lampung Abdurachman Sarbini atau biasa akrab disapa Mance, dan menggantikannya dengan Pelaksana Tugas Alimin Abdullah.

Ketua DPP PAN Jon Cik Muhammad, di Bandarlampung, Senin (3/2), menyampaikan kebijakan pemberhentian Ketua DPW PAN Lampung itu secara langsung kepada wartawan usai memberikan SK DPP PAN Nomor: 121/XII/2012 tentang pemberhentian dimaksud.

Menurut dia, pemberhentian tersebut dilakukan setelah DPP PAN mengadakan evaluasi terhadap kinerja Abdurachman Sarbini atau Mance tersebut selama masa kepemimpinannya.

Dia menyebutkan, dua hal yang menjadi parameter utama pemberhentian tersebut adalah disiplin partai, dan asas kepatutan yang pada masa kepemimpinan Mance, banyak dilanggar.

"Roda organisasi menjadi tidak maksimal, dan apabila diteruskan dapat mengancam elektabilitas PAN pada Pemilu 2014," kata dia lagi.

Jon Cik optimistis bahwa pemberhentian tersebut tidak akan berpengaruh banyak terhadap target perolehan suara PAN 2014 khususnya di daerah Lampung.

Dia melanjutkan, justru upaya tersebut dilakukan untuk mendukung program nasional PAN menuju dua digit suara pada Pemilu 2014.

Menurut dia, pemberhentian Mance itu sudah ditandatangani sejak 10 Desember 2013, namun SK pemberhentian baru bisa disampaikan saat ini kepada kader dan pengurus PAN di Lampung.

"Saya dengan dua ketua DPP lainnya telah menemui Pak Mance Jumat (31/1) malam, dan setelah mendengar penjelasan kami, dia menyatakan mengundurkan diri," kata dia lagi.

Jon Cik meyakini tidak akan ada aksi lanjutan menyusul kebijakan pemberhentian tersebut, seperti eksodus besar-besaran kader PAN yang loyal terhadap Mance, atau pun pembersihan terhadap pendukungnya dari kepengurusan PAN Lampung.

Dia juga menegaskan, tidak akan ada Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) PAN Lampung hingga Juni 2015, dan jabatan Alimin sebagai Plt Ketua DPW PAN Lampung akan berakhir saat masa kepemimpinan Mance secara normal juga berakhir.

Abdurachman Sarbini merupakan Ketua Umum DPW PAN Lampung periode 2010--2015, dan diangkat saat dirinya masih menjabat sebagai Bupati Tulangbawang.