Bandarlampung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung mengatakan debat publik akan menjadi ajang bagi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk meyakinkan pemilih dalam Pilkada mendatang.

"Masyarakat Provinsi Lampung pemilih yang terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 5 juta lebih akan menyaksikan debat publik ini. Tentu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur akan meyakinkan pemilih provinsi Lampung," kata Ketua KPU Lampung Erwan Bustami saat membuka kegiatan debat publik di Bandarlampung, Minggu.

Ia mengatakan, dalam debat pertama yang akan dilaksanakan oleh KPU Lampung ini, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur provinsi Lampung akan menyampaikan visi dan misi maupun program kerja dalam bidang ekonomi.

"Debat publik ini akan mengambil tema infrastruktur," kata dia.

Erwan pun mengatakan KPU Provinsi Lampung mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada tim perumus yang sudah beberapa hari ini menyiapkan debat publik.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada panelis, tentu yang sudah membuat pertanyaan-pertanyaan yang akan mempertajam visi misi serta program kerja pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terutama kaitannya dengan infrastruktur dan ekonomi," kata dia.

Pilgub lampung diikuti Paslon Cagub-Cawagub Nomor Urut 1 Arinal Djunaidi-Sutono dan Paslon Cagub-Cawagub Lampung Nomor Urut 2 yakni Rahmat Mirzani Djausal-Jihan Nurlela.

Arinal Djunaidi merupakan politikus dan mantan pegawai negeri sipil yang menjabat Gubernur Lampung periode 2019–2024 bersama Chusnunia Chalim sebagai Wakil Gubernur Lampung.

Sutono selaku cawagub merupakan kader sekaligus Sekretaris Umum PDIP Lampung yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Lampung pada 2016-2018.

Sementara itu, Rahmat Mirzani Djausal yang mempunyai latar belakang sebagai pengusaha, saat ini merupakan Ketua DPD Gerindra Lampung serta pernah menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Lampung periode 2019-2024.

Sedangkan, Jihan Nurlela Chalim adalah dokter dan politikus yang pernah menjabat sebagai anggota DPD RI daerah pemilihan Lampung periode 2019–2024.

Baca juga: KPU Lampung minta paslon kepala daerah serahkan rekening dana kampanye

Baca juga: Dua paslon Gub-Wagub Lampung deklarasi kampanye damai

Baca juga: KPU Lampung: Pasangan Arinal-Sutono nomor 1 dan Rahmat-Jihan nomor 2


 

Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor : Satyagraha
Copyright © ANTARA 2024