Lampung Selatan (ANTARA) - Sebanyak 1.419 peserta mengikuti Festival Layang-Layang digelar di Pantai Kalianda Beach, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung sebagai salah satu upaya pelestarian permainan tradisional.

"1.419 peserta dengan 184 layangan yang terbang menghiasi langit Pantai Kalianda," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan Kurnia Oktaviani di Lampung Selatan, Sabtu.

Ia mengatakan Kalianda Kite Festival Layang-Layang tersebut digelar untuk mempromosikan dan memperkenalkan destinasi pariwisata unggulan daerah di Kabupaten Lampung Selatan kepada wisatawan domestik dan mancanegara.

"Tujuannya untuk mengembangkan budaya tari tunggal dan permainan tradisional layang-layang, menumbuhkembangkan kesadaran semangat dan rasa memiliki akan adanya destinasi wisata yang ada di Lampung Selatan sebagai daya tarik wisatawan," katanya.

Melalui kegiatan tersebut, katanya mengharapkan, pengembangan kepariwisataan berbasis masyarakat dapat memberikan dampak langsung pada tumbuhnya industri kecil dan menengah serta UMKM bagi perekonomian masyarakat setempat.

Ia menjelaskan festival tahun ini yang mengangkat tema "The Magic of Tupping" ini, juga diwarnai dengan penampilan ribuan peserta Tari Tupping dari berbagai elemen masyarakat.

Festival tahunan ini, juga menampilkan berbagai kegiatan, seperti kompetisi tari kreasi tradisional yang mengangkat budaya Indonesia dan rilis lagu Pariwisata Lampung Selatan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengapresiasi kegiatan Kalianda Kite Festival III tersebut. Sebab, katanya, melalui kegiatan itu secara tidak langsung telah membuat jenawa wisata yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

"Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan terus mem-branding wisata-wisata yang ada di Lampung Selatan,” ujar dia.

Ia berharap, dengan berkembangnya pariwisata di Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan khususnya, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Saya harap dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini dapat meningkatkan perekonomian, khususnya untuk masyarakat Lampung Selatan itu sendiri," ujar dia.

Baca juga: Lampung Selatan libatkan PHRI dan Aspperwi dalam promosi objek wisata

Baca juga: Festival layangan di Pantai Kalianda Beach dongkrak kunjungan wisatawan

Baca juga: Dinas Pariwisata sebut ada 20 destinasi wisata di Lampung Selatan


Pewarta : Riadi Gunawan
Editor : Agus Wira Sukarta
Copyright © ANTARA 2024