Lampung Selatan (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan memfokuskan pencegahan isu suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di wilayah tersebut.

"Isu SARA harus dicegah agar tidak berkembang pada pilkada," kata Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Selatan Wazzaki, di Kalianda, Selasa.

Ia menjelaskan untuk mencegah isu-isu SARA menjelang Pilkada tahun 2024, Bawaslu Lampung Selatan akan bekerja sama dengan instansi terkait seperti pemerintah daerah, TNI, Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, adat dan budayawan untuk menangkal isu SARA ini.

Ia menyatakan komposisi penduduk di Kabupaten Lampung Selatan berasal dari beragam etnik sehingga isu-isu SARA berpotensi berkembang di pemilihan kepala tingkat daerah tersebut.

Oleh karena itu, ia mengingatkan kepada jajaran untuk siaga sebagai bentuk kesiapan pengawasan Pilkada 2024 serta selalu sigap dalam mengawasi tahapan Pilkada serentak tahun 2024.

"Kesiapan jajaran pengawas ini untuk mencegah terjadinya pelanggaran pada setiap tahapan Pilkada 2024. Dengan adanya kesiapan tersebut diharapkan dapat mencegah terjadinya pelanggaran Pilkada," ujarnya.

Baca juga: Bupati Lampung Selatan bantu korban rumah roboh di Palas

Baca juga: BPN Lampung Selatan sosialisasikan sertifikat elektronik cegah calo tanah

Baca juga: Bawaslu Lampung Selatan buka layanan kawal hak pilih Pilkada 2024


Pewarta : Riadi Gunawan
Editor : Agus Wira Sukarta
Copyright © ANTARA 2024