Bandarlampung (ANTARA) - Salah satu upaya untuk menurunkan angka kematian ibu dan kematian bayi adalah melalui pelayanan Antenatal Care (ANC) terpadu yang diberikan kepada ibu hamil secara berkala selama kehamilan, kata Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Lampung, Hanita Farial Firsada. 

Penjabat Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Tubaba) itu membuka Pembinaan Pelayanan Bayi ANC Terpadu dan Bayi Baru Lahir, yang berlangsung di Aula Wisma Asri, Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT), beberapa waktu lalu.

Hanita Farial Firsada juga mengatakan, masalah kematian dan kesakitan bayi di Indonesia masih merupakan masalah besar, sehingga pelayanan kesehatan ibu dan anak menjadi prioritas dalam pembangun kesehatan.

"TP-PKK adalah mitra kerja pemerintah, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK, termasuk program kesehatan melalui upaya meningkatkan derajat kesehatan keluarga," katanya pula.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Dinas Kesehatan setempat, kader PKK Tubaba, serta seluruh bidan desa puskesmas se-Kabupaten Tubaba.
Baca juga: Penjabat Bupati Tubaba ikuti rapat paripurna DPRD bahas dua agenda
Baca juga: Hadiri Program SIGER Dapur Nenemo, Pj Ketua TP-PKK Tubaba berikan makanan sehat


Pewarta : Emir Fajar Saputra
Editor : Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024