Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Aceh melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh menyediakan 2.100 kuota beasiswa bagi masyarakat Aceh pada tahun 2021 dalam upaya mewujudkan program Aceh Carong.

"Ini merupakan program dalam APBA tahun 2021 sebagai bentuk komitmen pak Gubernur mewujudkan Aceh Carong," kata Kepala BPSDM Aceh, Syaridin, di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan beasiswa tersebut diberikan untuk masyarakat yang ingin menempuh pendidikan tinggi di dalam maupun luar negeri, mulai dari jenjang D1 hingga S3, termasuk program dokter spesialis.

Menurut dia kuota yang disiapkan tersebut dipertuntukan kepada masyarakat umum, sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang telah ditetapkan sebagai calon penerima beasiswa dari Pemerintah Aceh.

"Pendaftaran akan dibuka akhir bulan Maret, di mana tahapan seleksi akan berlangsung sampai bulan Juni dan pada Juli nanti peserta yang dinyatakan lulus seleksi akan menerima beasiswanya," kata Syaridin.

Syaridin menyampaikan, pada awal Februari, Pemerintah Aceh bekerja sama dengan Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh telah memberangkatkan 74 mahasiswa Aceh untuk kuliah di Kairo, Mesir.

Ke-74 mahasiswa itu juga diberikan beasiswa dari Pemerintah Aceh selama menempuh pendidikan di Mesir. Beasiswa yang diterima oleh mahasiswa yang berangkat ke Mesir tersebut juga bagian dari program 2.100 kuota beasiswa tahun 2021.

"Keberangkatan mereka saat itu dilepas langsung Pak Gubernur Aceh," kata Syaridin.

Pihaknya berharap dengan program peningkatan kualitas SDM yang telah dicanangkan Pemerintah Aceh akan mempercepat kemajuan dan pembangunan di provinsi setempat.

Pewarta : M Ifdhal
Editor : Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024