Lampung (ANTARA) - PT KAI (Kereta Api Indonesia) diwakili Eksekutif Vice President Divre IV Tanjungkarang, Junaidi Nasution, menerima penyerahan sertifikat tanah milik PT KAI dari BPN OKU yang diserahkan oleh Kepala BPN Kabupaten OKU, Abdullah Adrizal.

Penyerahan sertifikat dipusatkan di Hotel Bukit Indah Lestari Baturaja. EVP Divre IV Tanjungkarang  didampingi Deputy EVP Divre IV Tanjungkarang, Teguh Imam Santoso, Senior Manager Aset Reza Wahyudi.

Manager Humas Divre IV Tanjungkarang, Jaka Jarkasih, menjelaskan sertifikat yang diterima berada di Kabupaten Ogan Komering Ulu 61.8017 meter persegi yang terbagi dalam 46 persil/bidang (46 lembar sertifikat).

“Sertifikat tanah diterima langsung oleh EVP Divre IV Tanjungkarang,”kata Jaka, di Bandarlampung, Selasa.

Menurutnya, PT KAI sampai saat ini telah mengajukan permohonan sertifikat sebanyak 60 persil/bidang ke BPN OKU.

Dalam pengurusan sertifikat ini, PT KAI menggunakan dokumen pendukung, antara lain Grondkaart yang kemudian digunakan dalam persyaratan pembuatan sertifikat tanah ke BPN Kabupaten OKU.

Jaka menjelaskan dengan terbitnya sertifikat ini PT KAI (Persero) Divre IV Tanjungkarang sah dan terbukti secara legalitas mendapatkan pengakuan hukum dalam mengamankan asetnya melalui dokumen grondkaart.

Saat ini di wilayah Divre IV Tanjungkarang masih terdapat aset KAI yang dalam proses pen-sertifikatan di BPN wilayah kerja Divre IV Tanjungkarang.

Masih terdapat aset PT KAI yang belum bersertifikat, tetapi dalam bentuk dokumen grondkaart yang secara bertahap akan disertifikatkan”, jelas Jaka.

Karena proses pensertifikatan ini tidak mudah, perlu waktu dan dukungan dari lembaga terkait, PT KAI  (Persero) Divre IV Tanjungkarang  mengucapkan terimakasih kepada BPN Kabupaten OKU  yang telah membantu dalam mengamankan aset tanah PT KAI.

Grondkaart akan terus disosialisasikan, sehingga masyarakat akan lebih memahami tentang kekuatan hukum Grondkaart.

Karena Grondkaart merupakan salah satu persyaratan pendukung dalam proses pensertifikatan sebagai upaya mengembalikan Aset Negara. 

 


Pewarta : Emir Fajar Saputra
Editor : Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024