Purwokerto (ANTARA) - Paguyuban Kakang dan Mbekayu Banyumas (Pakemas) menyosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan arti penting penerapan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penularan COVID-19.

Kegiatan yang digelar di sekitar Alun-Alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu, itu juga diisi dengan pembagian masker kepada masyarakat.

Koordinator acara, R. Dwi Hana Satria Wibawa mengatakan kegiatan tersebut digelar sebagai upaya Pakemas untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanggulangan COVID-19.

"Kegiatan ini merupakan inisiatif dari teman-teman Pakemas sebagai rasa peduli dan keinginan untuk membantu warga agar tidak tertular COVID-19," kata dia yang juga Ketua Pakemas.

Dalam hal ini, kata dia, Pakemas tidak hanya membagikan masker, juga mengedukasi warga bahwa penerapan protokol kesehatan wajib dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19.

Terkait dengan masker yang dibagikan kepada warga, Hana mengatakan sebelum melaksanakan kegiatan tersebut, pihaknya membuka penggalangan donasi umum.

Setelah donasi terkumpul, kata dia, dana tersebut dibelikan masker dan sembako untuk warga kurang mampu yang terdampak pandemi COVID-19.

"Kegiatan kami diawali dengan membagikan sekitar 70 sembako kepada warga yang terdampak COVID-19. Untuk masker, ada yang beli, ada yang bikin sendiri, kebetulan ada teman kami, anggota Pakemas yang punya keahlian menjahit," ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan sosialisasi pencegahan COVID-19 juga akan digelar di beberapa destinasi wisata yang telah dibuka kembali setelah mendapatkan izin dari Pemerintah Kabupaten Banyumas.

Menurut dia, hal itu dilakukan Pakemas sebagai bagian dari agenda untuk memajukan sektor pariwisata Banyumas di tengah pandemi COVID-19.

"Kami pelan-pelan mengedukasi pengunjung (destinasi wisata) agar tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya.

 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Samino Nugroho
Copyright © ANTARA 2024