Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengatakan pendidikan kepramukaan lebih diarahkan pada pengembangan dan peningkatan kualitas kepemimpinan.

"Sehingga mereka dapat menggantikan para pemimpin yang memiliki dedikasi, loyalitas serta kejujuran yang tinggi," kata dia di Bandarlampung, Jumat.

Ia menyebutkan Gerakan Pramuka menunjang pendidikan di lingkungan keluarga dan masyarakat yang bertujuan menciptakan pemimpin masa depan.

"Saya yakin anggota Pramuka yang dididik melalui berbagai keterampilan, pengetahuan, pengalaman serta wawasan mampu menjadikan dirinya seorang pemimpin yang benar-benar sesuai dengan jiwa dan karakteristik sistem kependidikan kepramukaan, khususnya dalam membangun masyarakat," jelasnya.

Gubernur mengharapkan anggota Pramuka dapat memotivasi kaum muda agar fokus pada kegiatan-kegiatan yang mendidik dan memiliki mental kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan senantiasa bekerja keras.

"Mantapkan nilai-nilai Pancasila, Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka dalam diri agar menjadi manusia Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, cerdas, berbudi luhur dan mempunyai daya saing yang tinggi," tambahnya.

Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Tanggamus Bambang Kurniawan mengimbau agar kaum muda dapat menjadikan gerakan pramuka sebagai garda terdepan dalam membangun bangsa dan negara serta sebagai bekal dalam memupuk jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan.

"Galang terus rasa persaudaraan dan persahabatan diantara sesama anggota pramuka dan kembangkan metedologi dan kegiatan yang dapat membangun harmoni, kesetiakawanan dan kerukunan," ujarnya.

Anggota Pramuka, lanjutnya, juga dapat unjuk kebolehan di bidang ketrampilan, ketangkasan dan seni budaya serta menanamkan nilai-nilai luhur kepramukaan kepada kaum muda.

"Berbagai kegiatan parmuka diharapakan dapat membentuk watak berbudi pekerti luhur sebagai patriot yang andal di masa depan," tambahnya. 

Pewarta : Agus Wira Sukarta
Editor : Samino Nugroho
Copyright © ANTARA 2024