Komari Lampung Timur tanggulangi sampah laut

Komunitas Masyarakat Maritim (Komari) berupaya menanggulangi sampah di kampung nelayan Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

Ketua Komari Lampung Timur Ardiyansah, di Lampung Timur, Jumat, mengatakan kegiatan tersebut sudah berlangsung sekitar tiga bulan.

Bersama Pemerintah Desa Margasari, Karang Taruna dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) desa setempat, Komari mengatasi sampah yang dihasilkan dari sejumlah jaring nelayan.

Selain ikan yang masuk jaring nelayan, biota laut seperti bintang laut, kerang laut, kepiting kecil, karang laut dan sebagainya turut tersangkut jaring pula. Setiap harinya jumlahnya semakin banyak dan menjadi menumpuk di pinggir laut dan sungai. 

Karena itu, Komari bersama dengan lainnya, melakukan upaya mengatasi sampah tersebut. 

Sampah nelayan dikumpulkan untuk diolah sebagai barang bernilai ekonomi. Nelayan pun diimbau membuang sampah lautnya ke tong sampah telah disediakan. 

Ardiyansah mengatakan, upaya untuk mengatasi sampah nelayan tersebut merupakan bagian dari program pemberdayaan Komari, sebab prinsip pogram kerja Komari adalah memberdayakan nelayan secara ekonomi.