Fisik timnas U-17 sangat bugar untuk hadapi Kuwait

id nova arianto,timnas u17 indonesia,kualifikasi piala asia u17,piala asia u17

Fisik timnas U-17 sangat bugar untuk hadapi Kuwait

Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-17 Nova Arianto. (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-17 Indonesia Nova Arianto mengatakan, kondisi fisik para pemainnya sangat bugar untuk menghadapi tuan rumah Kuwait pada laga Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, Rabu (23/10), di Stadion Al Ahmadi, Kuwait.

"Dari sisi kondisi fisik, para pemain sangat bugar. Saya berharap mereka bisa memahami apa yang telah kami rencanakan dan tampil dengan performa terbaik agar kami bisa mendapatkan hasil positif pada pertandingan melawan Kuwait," ujar Nova, dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Selasa.

Pria yang juga asisten pelatih Shin Tae-yong di timnas senior Indonesia itu menyebut, beberapa laga uji coba yang sudah dilewati telah meningkatkan kualitas fisik, taktik dan mental skuadnya.

Timnas U-17 Indonesia sebelumnya dua kali bertanding kontra India pada Agustus 2024 di Bali dengan hasil menang dan kalah.

Kemudian, timnas U-17 melakukan pemusatan latihan di Spanyol pada 15-30 September 2024 dan di Qatar pada 1-10 Oktober 2024.

Di Spanyol, anak-anak asuh pelatih Nova Arianto berlaga menghadapi Swiss (Indonesia kalah 0-2), Skotlandia (kalah 1-6 dan 1-2), Kepulauan Faroe (menang 3-0) dan tim akademi Real Murcia (kalah 1-2).

Sementara itu di Qatar, Indonesia dua kali menjajal kekuatan timnas U-17 negara tersebut. Hasilnya, Indonesia menang 2-1 dan pertandingan kedua berakhir sama kuat 1-1.

Nova Arianto juga meminta para pemainnya untuk tidak terpancing dengan situasi di lapangan termasuk ketika lawan mencoba untuk melakukan provokasi.

"Saya meminta para pemain untuk lebih sabar dan bisa mengendalikan emosi karena tensi pertandingan akan tinggi dan kemungkinan akan ada drama di lapangan. Saya berharap pemain tidak terpengaruh dengan hal tersebut," tutur Nova.

Timnas U-17 Indonesia berada di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 bersama Kuwait, Australia dan Kepulauan Mariana Utara, di mana seluruh laga berlangsung di Kuwait.

Untuk lolos langsung ke putaran final Piala Asia U-17 2025, Indonesia harus menjadi juara grup atau merebut satu dari lima peringkat kedua terbaik kualifikasi.

Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 diikuti oleh 43 negara anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang dibagi ke dalam 10 grup.

Adapun Piala Asia U-17 2025 akan digelar di Arab Saudi pada 3-20 April 2025 dengan 16 tim peserta.



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Nova: Fisik timnas U-17 sangat bugar untuk hadapi Kuwait