Menpora harap emas dari Veddriq jadi motivasi bagi atlet lain

id Olimpiade Paris 2024,Olimpiade,Panjat tebing Indonesia ,Veddriq Leonardo

Menpora harap emas dari Veddriq jadi motivasi bagi atlet lain

Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo memegang medali emas Olimpiade Paris 2024, Paris, Kamis (8/8/2024). ANTARA/HO-NOC Indonesia/Naif Muhammad Al'as

Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo berharap perolehan emas dari atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo dalam Olimpiade Paris 2024, menjadi motivasi bagi atlet lain yang masih berjuang.
 
Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis malam, ia menyampaikan terima kepada Veddriq, keluarga, pelatih, dan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), serta dukungan dari masyarakat Indonesia, sehingga memberi energi lebih bagi atlet itu saat berjuang.
 
"Dan ini saya harap menjadi motivasi untuk atlet Indonesia yang masih akan bertanding, ada Rizky di angkat berat dan Bernard di balap sepeda," kata Dito usai menyaksikan perjuangan Veddriq di Le Bourget Climbing Venue, Paris.
 
Selain itu, dia menyatakan bahwa pemerintah terus berkomitmen mendukung cabang olahraga yang memiliki potensi meraih medali di tingkat kompetisi tertinggi dunia seperti Olimpiade.
 
"Untuk ke depan, saya sudah sampaikan di akhir tahun lalu bagaimana ke depan Indonesia pastinya komitmen dalam mendukung cabang olahraga yang memiliki potensi menghasilkan medali, seperti panjat tebing, atletik, renang, gimnastik, bulu tangkis, dan semua potensi yang bisa Indonesia raih," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.
 
 
Ia menambahkan, kemenangan Veddriq telah membuktikan bahwa Indonesia merupakan kekuatan baru untuk olahraga panjat tebing, khususnya di nomor speed.
 
Menurut dia, potensi atlet panjang tebing Indonesia sangat menjanjikan karena memiliki banyak atlet usia dini di panjat tebing, sehingga pemerintah berharap FPTI mampu melakukan pembinaan lebih baik.
 
Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo, menjadi orang pertama yang menyumbang medali emas untuk Indonesia dalam Olimpiade Paris 2024.
 
Pria asal Pontianak itu menang melawan wakil dari China, Wu Peng, di final yang diselenggarakan di Le Bourget Climbing Venue, pada Kamis malam WIB.
 
Dalam aksinya, pria berumur 27 tahun itu membukukan waktu 4,75 detik dan menang tipis atas lawannya yang mencatatkan waktu 4,77 detik.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menpora Dito harap emas dari Veddriq jadi motivasi bagi atlet lain