Tottenham Hotspur hantam Aston Villa 4-0

id liga inggris,aston villa,tottenham hotspur

Tottenham Hotspur hantam Aston Villa 4-0

Striker Tottenham Hotspur Son Heung-Min .(AFP/ADRIAN DENNIS)

Tambahan tiga poin tersebut membawa Spurs tetap berada di posisi kelima dengan koleksi 53 poin

Jakarta (ANTARA) - Tottenham Hotspur mendekati peringkat keempat klasemen Liga Inggris, setelah menghantam tuan rumah Aston Villa dengan skor 4-0, pada pertandingan Liga Inggris di Villa Park, Birmingham, Minggu.

Tambahan tiga poin tersebut membawa Spurs tetap berada di posisi kelima dengan koleksi 53 poin. Mereka kini hanya terpaut dua poin dari tim peringkat keempat Villa, yang total memiliki 55 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Tuan rumah Villa mendapat peluang bagus pertama melalui Ollie Watkins, ketika ia melepaskan tembakan kurang sempurna sambil diadang Micky van den Venden.

Tottenham berusaha balas mengancam secepatnya melalui umpan silang Destiny Udogie yang gagal disambar Dejan Kulusevski. Setelah itu baik Villa maupun Spurs sama-sama memainkan permainan agresif, namun sampai turun minum belum ada gol tercipta.

Spurs akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-50. Diawali pergerakan Pape Sarr yang bergerak cepat di sisi kanan, ia kemudian mengirimkan umpan silang diagonal untuk disambar James Maddison yang melesak masuk ke gawang Emiliano Martinez. 

Wasit sempat melakukan tinjauan VAR untuk melihat kemungkinan offside, namun gol itu tetap disahkan.

Penderitaan Villa bertambah pada menit ke-53. Ezri Konsa kehilangan bola di depan kotak penalti, untuk dicuri oleh kapten Spurs Son Heung-min. Bola kemudian disodorkan Son kepada Brennan Johnson, yang dengan mudah melepaskan sepakan keras masuk ke gawang Villa.

Upaya Villa untuk bangkit semakin sulit, saat John McGinn harus mandi lebih cepat. Tekel berbahaya McGinn terhadap Destiny Udogie membuat sang pemain diganjar kartu merah oleh wasit.

Kiper Spurs Guglielmo Vicario bergerak cepat untuk menggagalkan sepakan Nicolo Zaniolo. Sepakan lanjutan Zaniolo sempat mengenai kepala Vicario, namun sang kiper dapat meneruskan permainan.

Spurs masih menambah pundi-pundi golnya pada menit ke-90. Dejan Kulusevski yang kidal memberikan umpan pendek kaki kanan kepada kapten Son, yang tidak disia-siakan pemain Korea Selatan itu untuk mencetak gol ketiga Spurs dengan sepakan kerasnya.

Pemain pengganti Timo Werner masih sempat menggenapi kemenangan Spurs menjadi 4-0 melalui golnya pada menit ke-95. Kapten Son kembali menjadi pemberi assist, melalui umpan pendeknya yang dengan mudah diselesaikan Werner.