Warga pelosok di OKI Sumatera Selatan nikmati internet gratis

id Program Internet Desa, kawasan blank spot, daerah pelosok, Diskominfo OKU

Warga pelosok di OKI Sumatera Selatan nikmati internet gratis

Penjabat Bupati OKU meresmikan internet desa. (ANTARA/Edo Purmana)

Jaringan internet gratis ini dipasang di Kantor Kecamatan Muara Jaya dan sekitarnya, kata Doni

Baturaja (ANTARA) - Warga pelosok desa di Kecamatan Muara Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, menikmati jaringan internet gratis yang dibangun oleh pemerintah daerah setempat pada awal tahun 2024.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) OKU, Priyatno Darmadi di Baturaja, Selasa mengatakan bahwa pada tahun ini Program Internet Desa menyentuh masyarakat di beberapa desa di dua kecamatan yaitu Kecamatan Sosoh Buay Rayap dan Muara Jaya.

Dia menjelaskan, program ini ditujukan untuk membantu masyarakat di pelosok desa agar dapat mengakses jaringan internet secara gratis.

Pembangunan internet desa dirancang menggunakan teknologi fiber optic yang bisa tahan dalam berbagai kondisi cuaca.

Jangkauan internet desa tersebut bisa menjangkau hingga jarak 500 meter yang dipancarkan dari satu tower BTS Triangle dengan tiga akses point dengan masa aktif selama satu tahun.

Setiap akses point, kata dia, bisa mencapai 200 pengguna dalam artian internet desa dapat dimanfaatkan oleh 600 orang masyarakat di wilayah itu.

"Program internet desa ini terus kami gulirkan setiap tahun seperti pada 2023 menyasar pada masyarakat pelosok di wilayah Desa Segara Kembang dan Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Lengkiti," ujarnya.

Sementara, Camat Muara Jaya, Doni Heridadi menuturkan bahwa berkat Program Internet Desa saat ini masyarakatnya sudah dapat mengakses jaringan internet secara gratis.

"Jaringan internet gratis ini dipasang di Kantor Kecamatan Muara Jaya dan sekitarnya," kata Doni.

Menurut dia, selama ini kawasan Kecamatan Muara Jaya termasuk daerah blank spot atau tidak ada jaringan internetnya.

"Berkat program ini masyarakat kami terutama di Desa Muara Saeh sudah bisa menikmati jaringan internet desa secara gratis," ujarnya.