AMIN janji prioritaskan lima persen APBN untuk kaum muda

id AMIN, Muhaimin Iskandar, Kaum Muda, Pemilu, Pilpres, Anies-Muhaimin

AMIN janji prioritaskan lima persen APBN untuk kaum muda

Calon wakil presiden nomor urut satu Muhaimin Iskandar saat menghadiri Deklarasi 1Rekan untuk AMIN di Jakarta, Minggu (28/1/2024). (ANTARA/HO-Timnas AMIN)

Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden nomor urut satu Muhaimin Iskandar menyatakan pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) memprioritaskan lima persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk kaum muda.

"Oleh karena itu, AMIN telah berdiskusi, membulatkan tekad. Kalau AMIN menang, 5 persen APBN harus digelontorkan untuk kaum muda, supaya kaum muda menjemput masa depannya," katanya usai menghadiri Deklarasi 1Rekan untuk AMIN di Jakarta, Minggu.

Gus Imin mengungkapkan, pasangan AMIN terus membuka diri pada kawula muda Indonesia. Bahkan, pengembangan potensi kaum muda menjadi salah satu program prioritas paslon AMIN usai terpilih nanti.

"Perlu dicatat, ini bukan soal uang yang hilang. Valuasinya, nilai tambahnya pada kaum muda ini investasi masa depan. Ini yang namanya pemerintah yang memiliki agenda dan prioritas," katanya menegaskan.

Menurut dia, jumlah kaum muda Indonesia telah melebihi separuh total penduduk di Tanah Air. Akan tetapi, pengembangan kualitas dan kemampuan kaum muda belum maksimal dilalukan pemerintah.

"Ini kaum muda yang memiliki semangat untuk terus berperan di dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan rata-rata adalah aktivis yang saya kenal baik, tidak mau berpangku tangan dan menjadi bagian dari gerakan perubahan. Mereka menyadari betul nasib mereka tidak bisa diserahkan kepada siapa-siapa kecuali kebersamaan di dalam mewujudkan perubahan," jelasnya.


Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Berdasarkan PKPU Nomor 78 Tahun 2024, kampanye akbar adalah sebutan untuk kampanye rapat umum. KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: AMIN prioritaskan lima persen APBN untuk kaum muda