KPU Bandarlampung gelar ToT untuk PPK dan PPS

id Lampung,Pemkot Bandarlampung,Pemilu 2024,KPU Baadarlampung,PPK dan PPS

KPU Bandarlampung gelar ToT untuk PPK dan PPS

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sedang mengikuti Training of Trainer (ToT) oleh KPU Bandarlampung. Selasa, (23/1/2024). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandarlampung memberikan Training of Trainer (ToT) untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) agar mereka siap melakukan bimbingan teknis (bimtek) kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"ToT untuk mempersiapkan PPK dan PPS guna memberikan bimtek kepada KPPS usai dilantik pada Kamis (25/1)," kata Ketua KPU Bandarlampung Dedy Triyadi, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan bahwa tujuan bimtek kepada KPPS yakni dalam rangka peningkatan kapasitas dan juga mitigasi atas kendala-kendala pada saat pemungutan suara 14 Februari 2024.

"Jadi pada nanti setelah pelantikan KPPS serentak di 126 kelurahan, PPK dan PPS akan memberikan bimtek kepada mereka dalam upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan mitigasi kendala," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, setelah memberikan bimtek akan dilakukan simulasi atas penggunaan aplikasi Sirekap oleh PPK dan PPS ke KPPS.

"Hari ini PPK dan PPS, kami kasih modul terkait tungsura setelah itu simulasi untuk aplikasi sirekap," kata dia.

Dedy pun mengatakan bahwa PPK dan PPS akan melakukan bimbingan teknis kepada PPK dalam waktu satu hari.

"Bimtek nanti dilakukan satu hari oleh PPS. Dan akan dibagi bergelombang apabila dalam satu kecamatan ada banyak kelurahan," kata dia