Bengkulu segera berikan bantuan 1.118 alat dan mesin pertanian bagi petani

id bantuan alsintan bengkulu,alat dan mesin pertanian,bantuan petani

Bengkulu segera berikan bantuan 1.118 alat dan mesin pertanian bagi petani

Arsip Foto - Petani membajak sawah di Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Bengkulu. (ANTARA/Dimas)

Kota Bengkulu (ANTARA) - Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Provinsi Bengkulu pada tahun 2024 menyiapkan bantuan berupa 1.118 alat dan mesin pertanian bagi para petani di wilayahnya.

Bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) tersebut akan disalurkan kepada kelompok-kelompok tani yang sudah terdaftar dalam Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian atau Simluhtan.

"Tahun ini Dinas TPHP Provinsi Bengkulu melakukan pengadaan 1.118 unit alsintan gratis. Alsintan ini diperuntukkan bagi kelompok tani yang telah terdaftar pada aplikasi Simluhtan," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Provinsi Bengkulu Bengkulu M. Rizon di Bengkulu, Sabtu.

Menurut dia, pemerintah mengalokasikan dana Rp7,7 miliar untuk mengadakan 1.118 unit alsintan, yang antara lain berupa traktor tangan, alat semprot portabel, pompa air, dan cultivator.

Ia mengatakan bahwa bantuan alat dan mesin pertanian akan diberikan kepada kelompok-kelompok tani yang tahun lalu belum mendapatkan bantuan.

Kelompok tani yang membutuhkan bantuan alat dan mesin pertanian bisa mengajukan permintaan ke Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Provinsi Bengkulu.

Hingga saat ini ada 13.013 kelompok tani yang telah terdaftar di Simluhtan. Masing-masing kelompok tani beranggotakan 25 sampai 35 orang.

Selain memberikan bantuan alat dan mesin pertanian, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Provinsi Bengkulu akan membenahi jaringan irigasi.

Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Provinsi Bengkulu mendapat alokasi dana Rp11 miliar dari Kementerian Pertanian untuk membangun irigasi di 60 titik.