Aldila Sutjiadi-Miyu Kato tersingkir pada babak pertama Australian Open

id Aldila,Aldila Sutjiadi,Aldila/Kato,Australian Open

Aldila Sutjiadi-Miyu Kato tersingkir pada babak pertama Australian Open

Arsip - Petenis Indonesia Aldila Sutjiadi (kiri) dan Christopher Rungkat mengembalikan bola ke petenis Thailand Peangtarn Plipuech dan Pruchya Isaro pada babak 16 besar tenis ganda campuran Asian Games 2022 di Hangzhou Olympic Sports Centre Tennis Centre, Hangzhou, China, Rabu (27/9/2023). Aldila dan Rungkat melaju ke babak perempat final setelah menang dengan skor 6-2, 5-7, 10-5. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.

Jakarta (ANTARA) - Petenis Indonesia Aldila Sutjiadi harus tersingkir dari Australian Open pada babak pertama ganda putri, Selasa.

Berpasangan dengan petenis Jepang Miyu Kato, Aldila/Kato tak mampu menghalau duet Anna Kalinskaya/Ekaterina Alexandrova, kalah dalam pertandingan tiga set 3-6, 6-0, 5-7.

Aldila/Kato, yang menempati unggulan ke-13 tertinggal 0-2 sebelum berusaha untuk mengejar angka. Namun, lawan mereka yang non-unggulan berhasil mencuri set pertama untuk memimpin pertandingan.

Duo Indonesia/Jepang itu berhasil bangkit di set kedua mendominasi permainan untuk mengambil set kedua tanpa memberi lawannya satu gim pun.

Pertandingan berlangsung ketat pada awal set penentu saat kedudukan 2-2. Kejar mengejar angka kemudian terjadi namun Aldila/Kato tak kuasa membendung serangan Kalinskaya/Alexandrova yang berhasil memenangi pertandingan.

Aldila terpaksa angkat kaki lebih awal dari Australian Open. Petenis berusia 28 tahun itu sejatinya memiliki pengalaman yang cukup baik di Melbourne dengan tren yang meningkat.

Aldila/Kato menempati unggulan -- posisi ke-16 -- untuk pertama kalinya pada 2023. Setelah terhenti di babak pertama pada 2022, mereka mencapai 16 besar atau babak ketiga pada 2023.

Perjalanan Aldila/Kato pada Grand Slam pembuka musim tersebut dihentikan oleh pasangan Coco Gauff/Jessica Pegula yang diunggulkan di posisi kedua.

Tahun ini, sebelum memasuki Australian Open, Aldila/Kato mengikuti turnamen pemanasan Brisbane International dan Adelaide International namun mereka kalah pada babak pertama kedua ajang WTA tersebut.

Hal itu kontras dengan penampilan Aldila/Kato tahun lalu yang memulai musim 2023 dengan memenangi turnamen WTA 250 Auckland Classic di Selandia Baru sebelum mengikuti Australian Open.

Meski begitu, Aldila berhasil mengukir prestasi pada Grand Slam tanah liat dan lapangan rumput tahun lalu. Dia berhasil menjejakkan kaki di semifinal ganda campuran French Open dan Wimbledon bersama rekannya petenis Belanda Matwe Middelkoop.

Menjelang Australian Open, pelatih Aldila, Martin Setiawan, optimistis dengan peluang Aldila meraih Grand Slam pertamanya.

"Aldila memiliki potensi besar untuk meraih Grand Slam. Dia memiliki teknik yang bagus, mental yang kuat, dan pengalaman yang cukup," kata Martin.

"Saya yakin Aldila bisa mencapai targetnya jika dia terus bekerja keras dan fokus pada permainannya."


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Aldila Sutjiadi tersingkir pada babak pertama Australian Open