Harga bahan pokok di Metro jelang Natal dan Tahun Baru 2024 stabil

id Hargabahanpokok

Harga bahan pokok di Metro jelang Natal dan Tahun Baru 2024 stabil

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo saat monitoring harga telur di salah satu distibutor. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memastikan harga dan ketersediaan sembilan bahan pokok (sembako) seperti cabai, bawang merah, bawang putih, telur, beras dan bahan pokok lainnya stabil di kota setempat menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.


Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo usai melakukan monitoring ke sejumlah distributor sembako di Kota Metro, Selasa (19/12). 

"Hari ini pemerintah bersama Fokorpimda monitoring harga barang pokok mulai beras, telur, bawang, cabai dan lainya. Dan alhamdulillah harga stabil dan cenderung turun dibanding sebelumnya," jelas Bangkit, Selasa.

Ia menuturkan, dari hasil monitoring tersebut, harga bawang merah di tingkat distibutor yaitu Rp24 ribu/kg, bawang putih kating Rp34 ribu, telur Rp26 ribu/kg, cabai rawit Rp23 ribu/kg, cabai merah Rp55 ribu/kg. 

"Iya itu harga ditingkat distributor, mungkin kalau di pengecer naik Rp2 ribu. Begitupun untuk beras ya untuk stok juga aman dengan sembako lainya. Jadi harganya terkendali dan stok aman," ucapnya.

Menurut Bangkit, kenaikan harga sembako di Kota Metro mayoritas terjadi karena kurangnya pasokan dari daerah lain. Untuk itu, pemerintah akan berupaya agar pasokan sembako aman. 

Nantinya, tambah dia, ketika terjadi kenaikan harga sembako jelang Natal dan tahun baru, Pemkot Metro akan melakukan operasi pasar untuk menekan harga. 

"Kemudian saya juga mengimbau masyarakat jangan panic buying, karena stok sembako dan harganya juga aman," imbaunya.

Salah satu distributor bawang di Kota Metro, UD Bawang Lanang, Adri Sikumbang memastikan ketersediaan bawang di gudang miliknya masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Metro hingga akhir tahun. 

"Stok bawang kita insha Allah aman hingga akhir tahun dan harganya juga masih stabil. Jadi cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Metro," paparnya.

"Asal itu tadi, pasokan kita aman. Selama ini yang jadi kendala pengiriman bawang itu macet. Jadi harapan kami tentu pengirimannya bisa lancar yang bisa menyebabkan stok langka dan harganya naik," tambahnya.