Khofifah isyaratkan bakal merapat ke kubu Prabowo-Gibran

id Khofifah indar parawansa, prabowo subianto, gibran rakabuming raka, pemilu 2024, prabowo-gibran

Khofifah isyaratkan bakal merapat ke kubu Prabowo-Gibran

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menikmati lautan pasir di kawasan Gunung Bromo dengan menunggang kuda. ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim

Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan isyarat/sinyal bergabung sebagai Tim Pemenangan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka setelah purnatugas pada tanggal 31 Desember 2023.

"Resminya nanti Januari kawan-kawan," kata Khofifah di Surabaya, Minggu.

Sinyal langkah dukungan Khofifah juga diperjelas dengan pernyataannya dengan menyebut bahwa partai-partai yang memberikannya rekomendasi maju pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2024, merupakan bagian dari partai-partai pengusung Prabowo-Gibran yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Saat ini sudah dua partai KIM yang resmi memberikan rekomendasi bagi Khofifah berkompetisi pada Pilkada Jawa Timur tahun depan, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Gerindra.

"Kawan-kawan bisa melihat trennya bahwa partai-partai pengusung ini kebetulan afiliasinya di 02," ujarnya.

Khofifah melanjutkan, "Kawan-kawan sudah bisa melihat tren afiliasi pengusungnya."

Setelah purnatugas sebagai Gubernur Jawa Timur, dia akan melaksanakan ibadah umrah.

"Saya umrah pada tanggal 1 Januari, pokoknya ditanggal itu saya umrah," ucapnya.

Berita sebelumnya menyebutkan bahwa Khofifah pada hari ini telah resmi menerima rekomendasi dari Partai Gerindra untuk bertarung pada Pilkada Jawa Timur 2024.

Rekomendasi Gerindra itu menyusul langkah PAN yang terlebih dahulu menyerahkan surat serupa di Surabaya pada hari Senin, 4 Desember 2023.

Khofifah menyebut Partai Demokrat juga mendukungnya untuk maju di gelanggang pertarungan Jatim 1. Namun, hal itu masih sebatas lisan.

"Kemarin PAN, kemudian secara lisan Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) juga menyampaikan, insyaallah Demokrat juga mendukung," kata Khofifah.

Khofifah juga menyatakan sudah mendengar informasi dukungan dari Partai Golkar, dia pun menunggu penyertaan resminya.

"Golkar sudah terkonfirmasi, tetapi suratnya belum sampai. Saya sudah dapat informasi," kata dia.