Brazil ajukan diri jadi tuan rumah Piala Dunia Putri 2027

id FIFA,Piala Dunia Wanita,Piala Dunia Wanita 2027

Brazil  ajukan diri jadi tuan rumah Piala Dunia Putri 2027

Logo FIFA di depan kantor pusatnya di Zurich, Swiss. ANTARA/AFP/Fabrice Coffrini/aa. (AFP/FABRICE COFFRINI)

Jakarta (ANTARA) - Brazil melalui Federasi Sepak Bola Brazil (CBF) mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia Putri 2027.

Dilansir dari laman resmi FIFA, Minggu, Brazil akan bersaing dengan dua kandidat lain yang mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama yaitu Amerika Serikat dan Meksiko, serta Belgia, Jerman dan Belanda.

"Menyusul kesuksesan Piala Dunia Putri FIFA 2023 yang belum pernah terjadi sebelumnya, proses penawaran untuk turnamen edisi 2027 telah mencapai tonggak penting, dengan tiga tawaran berikut dari asosiasi anggota di tiga konfederasi telah diajukan pada batas waktu pendaftaran 8 Desember," tulis laman resmi FIFA.

Amerika Serikat dan Meksiko yang sebelumnya telah ditunjuk untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 bersama dengan Kanada, kini membidik untuk bisa kembali menggelar turnamen Piala Dunia Wanita yang berlangsung pada 2027.

Sementara itu dengan majunya Belgia, Jerman dan Belanda menjadi satu tonggak penting, pasalnya untuk pertama kali tiga federasi sepak bola mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia Putri.

Dengan majunya tiga kandidat tuan rumah tersebut saat ini FIFA akan melakukan proses evaluasi menyeluruh ke tempat yang dijadikan kandidat, termasuk kunjungan inspeksi di tempat yang akan berlangsung hingga Februari 2024, sebelum menerbitkan hasil inspeksi dalam laporan evaluasi pada Mei 2024.

"Proses evaluasi akan fokus pada bidang prioritas yang ditetapkan dari visi acara dan metrik utama, infrastruktur, layanan, komersial, dan keberlanjutan dan hak asasi manusia. Aspek teknis dari model evaluasi penawaran mencakup sistem penilaian obyektif untuk menilai dan menimbang masing-masing infrastruktur dan kriteria komersial," tulis FIFA.

FIFA akan mengumumkan tuan rumah Piala Dunia Putri 2027 pada kongres FIFA yang akan berlangsung di Bangkok, Thailand pada 17 Mei 2024.

Baca juga: Jerman rebut gelar pertama Piala Dunia U-17
Baca juga: Presiden FIFA menanggapi unggahan foto Presiden Jokowi main bola di Papua


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Brazil mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Dunia Putri 2027