Dinkes Lampung Selatan imbau warga waspada penyakit pneumonia

id Lampung Selatan ,pneumonia,Dinkes

Dinkes Lampung Selatan imbau warga waspada penyakit pneumonia

Ilustrasi- pneumonia (ANTARA/HO)

Lampung Selatan (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, mengimbau semua jajarannya dan masyarakat untuk siaga serta waspada terhadap kasus penyakit pneumonia.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Lampung Selatan, Jamaluddin di Kalianda, Jumat, mengatakan, menyusul laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mencatat adanya peningkatan kasus pneumonia misterius yang menyerang anak-anak di China.

"Kami mengimbau kepada jajaran Dinkes serta masyarakat agar berupaya melakukan pencegahan dengan imunisasi untuk melindungi diri dari berbagai macam penyakit termasuk pneumonia," katanya.

Ia juga mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan promkes, puskesmas dan lintas sektoral untuk menggencarkan upaya promosi kesehatan berupa edukasi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait penyakit pneumonia

"Cuci tangan secara teratur terutama setelah membuang lendir, bila berada di daerah yang sulit untuk mendapatkan air dapat menggunakan hand sanitizer, menghindari alkohol peminum alkohol lebih besar berisiko terkena pneumonia dan komplikasi lainnya," kata dia.

Ia menjelaskan, penyalahgunaan alkohol juga dapat menurunkan kekebalan tubuh sehingga tidak mampu melawan infeksi, serta menjaga pola hidup sehat guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

"Perlu melakukan olahraga secara teratur diimbangi dengan makan buah dan sayur, istirahat atau tidur yang cukup," ujarnya.

Dinkes Lampung Selatan sudah mencatat terdapat 60 persen puskesmas yang melaksanakan program upaya berhenti merokok (UBM) merupakan upaya yang dilakukan oleh dinas kesehatan.