Srikandi PLN UID Lampung melalui PLN Peduli gelar pelatihan kursus memasak

id pln uid lampung, srikandi pln, tjsl

Srikandi PLN UID Lampung melalui PLN Peduli gelar pelatihan kursus memasak

Srikandi PLN UID Lampung melalui PLN Peduli gelar pelatihan kursus memasak (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Srikandi PLN UID Lampung mengadakan pelatihan kursus memasak dengan para wanita pejuang Cerebral Palsy yang terwadah dalam Komunitas Cerebral Palsy Lampung.

Bersama PLN Peduli, Srikandi PLN UID Lampung turut mengajak Lembaga Kursus dan Pelatihan Rumah Mama Pintar (LKP RMP) untuk menjadi fasilitator dalam pelaksanaan pelatihan kursus memasak.

Diikuti oleh 15 anggota Komunitas Cerebral Palsy Lampung, pelatihan dilangsungkan selama 2 hari yakni pada 13 November sampai dengan 14 november 2023.

Pelatihan tersebut merupakan salah satu program kerja Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN UID Lampung. Dimana program TJSL kali ini berfokus pada kemandirian wanita, yang juga merupakan fokus dari program-program Srikandi PLN UID Lampung.

Dilaksanakannya program TJSL bersama dengan Srikandi ini merupakan sebuah dukungan dari kaum perempuan terhadap kaum perempuan untuk mengembangkan potensi diri dan mandiri secara finansial melalui keahlian yang dimiliki.

Pada pelatihan tersebut turut hadir Elok Faiqoh selaku Champion Srikandi PLN UID Lampung, para Srikandi PLN UID Lampung, Ketua Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Rumah Mama Pintar (RMP), Aini, Koordinator Komunitas Cerebral Palsy Lampung, Maya Anggraini beserta anggotanya.

“Pelatihan ini digelar dengan harapan setelah pelatihan ini selesai, para peserta pelatihan dapat menjadi mandiri dan membuka usaha dengan memanfaatkan apa yang sudah dipelajari dari pelatihan selama dua hari ini,” kata Elok dalam sambutannya.

Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini akan tetap dipantau progress perkembangannya dengan cara monitoring yang akan dilakukan oleh TIM TJSL PLN UID Lampung. Para peserta pun diperbolehkan untuk terus berdiskusi dengan fasilitator setelah pelatihan selesai.

“Harapannya, ibu-ibu disini setelah pelatihan dapat memanfaatkan ilmu yang didapat. Tidak hanya memanfaatkan di dapur sendiri, tapi bisa memanfaatkan di luar sehingga bisa menjadi sumber penghasilan untuk keluarga. Untuk membantu ibu-ibu semua, setelah pelatihan ini usai, ibu-ibu tetap bisa berkoordinasi kapan pun dan dimana pun dengan semua fasilitator dari RMP. Ini sudah menjadi komitmen kami,” ujar Aini, Ketua Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Rumah Mama Pintar (RMP).

Sementara itu, General Manager PLN UID Lampung, Saleh Siswanto menyampaikan dukungannya atas pelaksanaan program kerja Srikandi dan TJSL PLN UID Lampung.

Ia juga menambahkan bahwa PLN akan terus mendukung seluruh program yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian wanita.

“PLN berkomitmen melalui program-program kerja TJSL atau PLN Peduli yang pada kesempatan kali ini sejalan dengan program kerja Srikandi PLN, untuk terus mendukung kemandirian wanita. Saya harap dengan dilaksanakannya program mulia ini, dapat menjadi awal yang baik untuk seluruh peserta pelatihan,” tutup Saleh Siswanto.