Integritas dan kapabilitas sebagai keunggulan Mahfud MD

id Mahfud MD,Pilpres 2024

Integritas dan kapabilitas sebagai keunggulan Mahfud MD

Ilustrasi - Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (kanan) dan bakal calon wakil presiden Mahfud MD (kanan) melambaikan tangan saat pengumuman bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2024 di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa)

Jakarta (ANTARA) - Peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro mengatakan bahwa keunggulan Mahfud MD yang telah diumumkan sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Ganjar Pranowo adalah integritas dan kapabilitasnya dalam penegakan hukum.

“Mahfud MD unggul dalam hal integritasnya dan kapabilitasnya dalam menegakkan hukum, meskipun ada kasus yang belum tuntas,” kata Zuhro kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pemilihan Mahfud MD sebagai bacawapres pendamping Ganjar dapat memberikan nilai tambah tersendiri karena rakyat mengagumi pemimpin yang mampu memberikan kepastian penegakan hukum.

“Penegakan hukum dan keadilan menjadi dua hal penting yang diperlukan Indonesia karena seperti yang diketahui bahwa rapor Indonesia terkait hukum nilainya senantiasa merah dari tahun ke tahun,” ucapnya.

Selain itu, Siti Zuhro menilai bahwa terpilihnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan tersebut sebagai bacawapres dapat menambah kepercayaan publik terhadap partai pengusung dan pendukung, yaitu PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Perindo.

Namun dia menilai walaupun secara individu Ganjar-Mahfud memiliki elektabilitas yang cukup baik, keduanya punya tantangan besar dalam mengumpulkan dukungan yang terpencar-pencar.

Oleh karena itu, ia menuturkan bahwa jika lolos dan ditetapkan sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, Ganjar dan Mahfud harus bisa meyakinkan para pemilih bahwa Indonesia akan menjadi lebih baik jika dipimpin mereka.

“Sebaiknya strategi pemenangan paslon Ganjar-Mahfud dalam Pilpres 2024 yaitu meyakinkan pemilih bahwa Indonesia akan jauh lebih baik nanti di bawah kepemimpinan mereka, baik dari segi ekonomi, hukum, sosial, politik, maupun budaya,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud MD sebagai bacawapres yang mendampingi Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Hari ini, Rabu 18 Oktober 2023 saya dengan mantap diri saya ambil keputusan ke semua, saya tujukan sebesar-besar bagi kepentingan rakyat, bangsa dan negara dengan ucapkan bismillahirrahmanirrahim calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan dampingi Ganjar Pranowo adalah Prof Dr Mahfud MD,” ujar Megawati di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Peneliti sebut integritas dan kapabilitas sebagai keunggulan Mahfud