Dompet Dhuafa helat Wakaferse Goes to Car Free Day

id Dompet Dhuafa, Wakaf

Dompet Dhuafa helat Wakaferse Goes to Car Free Day

Dompet Dhuafa helat Wakaferse Goes to Car Free Day. FOTO ANTARA/HO-DOMPET DHUAFA.

Jakarta (ANTARA) - Dompet Dhuafa menghelat Wakaferse Goes to Car Free Day di Area Sudirman. Membawa tagline “Teruskan Kebaikan Mu, Pahala Mengalir Abadi”. Dompet Dhuafa berupaya kembali me-universalkan wakaf kepada khalayak khususnya umat Muslim.

“Kita ingin wakaf turut universal, Wakaf Universe. Me-universalkan pentingnya manfaat Wakaf kepada kaum muda juga, bahwa wakaf bukan hanya ibadah yang relate dengan orang tua saja. Hari ini kita sama-sama menjadi saksi sejarah, Dompet Dhuafa menggelar Wakaferse untuk yang ketiga kalinya,” ujar Etika Setiawanti, Direktur Sumber Daya Mobilisasi Dompet Dhuafa, saat membuka gelaran Wakaferse, Minggu (15/10/2023).

Bergulirnya acara semakin meriah dengan hadirnya senam jasmani, wakaf kustik oleh Trashic, tantangan wakaf, pemeriksaan kesehatan gratis oleh LKC, serta diskusi interaktif yang difasilitasi oleh Bobby Manulang selaku GM Penghimpunan Wakaf Dompet Dhuafa dan Aiman Ricky sebagai Super Volunteer Dompet Dhuafa.

“Mungkin wakaf itu terkenal tapi belum dikenal, manfaatnya. Bahwa wakaf bukan hanya 3M: Makam, Madrasah, Masjid. Sebab itu kami ingin perkenalkan lebih dalam, wakaf bisa dikonversi jadi apapun. Wakaf itu logic, muda cerdas spiritual. Orang yang beruntung adalah dia yang berhenti nafasnya tapi tetap mengalir pahalanya,” sebut Bobby Manulang.

“Saat ini gerakan kampanye wakaf kami adalah ‘Sehat Untuk Semua’. Melalui wakaf uang dengan Rp10 ribu pun kita hargai itu. Jangan anggap recehan, saat ini anak-anak muda micro-giving. Jika ada 100.000 anak muda berwakaf, mereka sudah bisa bermanfaat mendirikian rumah sakit misalnya,” jelas Bobby lagi.

Melalui Wakaferse, Dompet Dhuafa juga mendorong ‘inisiatif’ wakaf pada masyarakat seluas-luasnya, terutama wakaf uang. Wakaferse juga bermakna, bahwa wakaf merupakan ikhtiar mewujudkan aset sosial di seluruh sendi kehidupan masyarakat. Melalui penggalangan Wakaf Uang, Wakaf melalui Uang, dan instrumen wakaf lainnya, Tabung Wakaf  Dompet Dhuafa menjalankan amanah secara produktif, profesional, dan amanah.

Wakaf dapat ditunaikan siapa saja, tidak berbatas umur dan profesi. Dompet Dhuafa telah mengelola beberapa aset wakat seperti Kawasan Zona Madina di Bogor, terdapat Rumah Sakit RST (Rumah Sehat Terpadu), Masjid Zona Madina, Sekolah SMART Ekselensia, dan lainnya.

Aiman Ricky menceritakan, sejak kecil ia mengetahui wakaf sebatas 3M tersebut. Seiring dewasa dan mengenal Dompet Dhuafa, ia mengenali lebih jauh tentang wakaf.

“Tabung Wakaf Dompet Dhuafa sangat beragam, ada wakaf ambulans, rumah sakit, bahkan sekolah. Yang saya suka itu, Dompet Dhuafa menyasar ke semua kalangan dan tidak kaku. Aku pernah pengalaman ikut program Tebar Zakat Fitrah bareng Dompet Dhuafa dan aku terenyuh dengan kondisi penerima manfaat yang aku temui. Ini membangun kembali kepedulian ku sebagai manusia khususnya anak muda untuk bersama melengkapi kebaikan berwakaf,” ungkap Aiman.

TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam Pelayanan, Pembelaan dan Pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 30 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.