Ginting kalah dari wakil tuan rumah di perempat final

id anthony sinisuka ginting,asian games 2022,asian games,asian games hangzhou

Ginting kalah dari wakil tuan rumah di perempat final

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengusap wajahnya saat bertanding melawan pebulu tangkis Korea Selatan Jeon Hyeokjin dalam babak perempat final beregu Asian Games 2022 di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China, Jumat (29/9/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/Spt. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Jakarta (ANTARA) - Atlet bulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting harus menelan kekalahan dari wakil tuan rumah, Li Shi Feng, 13-21, 17-21 pada babak perempat final nomor perseorangan Asian Games 2022 Hangzhou, Kamis.

Pada laga yang berlangsung di Binjiang Gymasium tersebut, Ginting yang turun sebagai unggulan pertama, memulai dengan pasti untuk menginiasi serangan cepat dan taktis.

Ia segera mengamankan dua angka pertama, namun Li terlihat mengeluhkan adanya rasa sakit di jari atau pergelangan tangannya dan memanggil bantuan medis.

Selepas jeda itu, Li segera bisa mempersempit ketertinggalan dari tunggal putra peringkat dua dunia yang unggul sementara 6-2.

Wakil tuan rumah dengan sabar mengejar ketertinggalan hingga akhirnya kedudukan berimbang lalu kedudukan berbalik unggul untuk Li 7-6. Angka di papan skor tak kunjung berubah untuk Ginting selama beberapa waktu, sampai akhirnya interval gim pertama direbut oleh Li yang memimpin 11-7.

Usai interval, Li tak kehilangan fokus, namun Ginting mencoba tampil lebih lepas dan bangkit dari tekanan meski terpaut 9-14. Sayangnya, shuttlecock yang diarahkan Ginting cukup banyak yang keluar sehingga poin terus bertambah untuk lawan yang semakin unggul jauh 19-10.

Li terus memperpanjang keunggulan sampai matchpoint gim pertama ia rebut, dan pertandingan gim pertama Li tuntaskan dengan skor 21-13.

Gim kedua dibuka dengan poin untuk Li. Sempat tertinggal cukup jauh, Ginting berusaha menyamakan kedudukan 5-5, sampai kedudukan kembali dipimpin oleh tunggal putra China.

Jelang interval gim kedua, Ginting mampu meraih poin demi poin hingga skor berimbang 10-10, sampai akhirnya 11-10 diraih oleh Li.

Setelah interval, skor sementara masih dipimpin oleh wakil China. Namun, Ginting yang terlihat berusaha tampil lebih tenang, mampu memberikan bola-bola sulit kepada lawan untuk dikembalikan dan Ginting berbalik unggul 14-13.

Perebutan angka di gim kedua berlangsung intens dan ketat. Li yang diperkuat dengan postur tubuhnya yang tinggi dan sorak-sorai para pendukung tuan rumah di stadion, terlihat semakin percaya diri dan unggul sementara 19-17 atas Ginting.

Matchpoint gim kedua pun direbut oleh Li, dan pertandingan berakhir dengan kemenangan Li 21-17 atas Ginting.

Dengan ini, maka belum ada wakil Indonesia yang lolos ke babak semifinal nomor perseorangan Asian Games 2022. Sebelum Ginting, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga menelan kekalahan dari wakil Chinese Taipei Lee Yang/Wang Chi-Lin, 19-21, 18-21.

Di babak perempat final hari ini, Indonesia menyisakan satu wakil lagi di sektor tunggal putri yaitu Gregoria Mariska Tunjung yang bersua dengan wakil Jepang Aya Ohori.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ginting telan kekalahan dari wakil tuan rumah di perempat final