Polisi salurkan bantuan air bersih pada warga Jati Mulyo

id Lampung,Bandarlampung,Polda Lampung,Kemarau,Polda,Kekeringan

Polisi salurkan bantuan air bersih pada warga Jati Mulyo

Personel Polda Lampung sedang menyalurkan bantuan air bersih ke masyarakat Jati Mulyo yang mengalami kekeringan. Rabu, (4/10/2023). (ANTARA/HO-Polda Lampung)

Bandarlampung (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menyalurkan bantuan air bersih kepada warga Jati Mulyo di Kabupaten Lampung Selatan yang mengalami kesulitan air akibat terdampak kemarau panjang.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian dalam menyambut Hari Jadi Humas Polri ke-72, Kami menyikapi kondisi kemarau ini dengan berupaya membantu masyarakat yang mengalami kekeringan dengan membagikan air bersih," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadillah, dalam keterangan yang diterima, Rabu.

Ia mengungkapkan, kemarau ini merupakan dampak dari fenomena El Nino yang sangat terasa bagi masyarakat, khususnya di Lampung yang membuat sejumlah warga kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Sejumlah daerah di Lampung memang kesulitan mendapatkan air bersih guna kebutuhan sehari-hari seperti untuk masak dan minum, hingga air untuk kegiatan MCK bagi masyarakat," kata dia.

Dia menegaskan, Polda Lampung terus berkomitmen untuk membantu masyarakat menyalurkan air bersih guna mencukupi kebutuhan masyarakat di tengah cuaca ekstrem atau El Nino yang melanda.

"Dalam pelaksanaannya, Polri menyediakan mobil tangki air bersih, selanjutnya dibagikan ke masyarakat ke sejumlah titik yang mengalami kekeringan. Allhamdulillah warga dapat terbantu dengan adanya bantuan air bersih ini, karena memang air merupakan kebutuhan penting bagi rumah tangga di masa kemarau seperti ini," kata dia.

Umi berharap, dengan adanya bantuan air bersih dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat mengurangi beban masyarakat dalam mencukupi kebutuhan air bersih sehari-hari.

"Yang terpenting air untuk makan dan minum tercukupi, jangan sampai kesusahan apalagi krisis," katanya.

Sementara itu, Fery selaku warga kelurahan Jati Mulyo mengatakan, kemarau yang kini melanda banyak menyebabkan sumur dan sungai mengering.

"Dengan adanya bantuan mobil air bersih dari Bid Humas Polda Lampung, masyarakat dipermudah karena polisi turun langsung ke rumah-rumah warga. Kami harapkan bantuan terus bergulir agar kebutuhan masyarakat terpenuhi di tengah kemarau panjang," kata dia.