Kualitas udara memburuk, Gubernur Jambi imbau masyarakat kurangi aktivitas di luar rumah

id jambi,pemprov jambi, al haris dan dudung, kasad ke Jambi

Kualitas udara memburuk, Gubernur Jambi imbau masyarakat kurangi aktivitas di luar rumah

Gubernur Jambi Al Haris saat borsama Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman. (ANTARA/HO-Diskominfo Jambi)

Tugas kami sebagai satgas adalah mengatasi kebakaran lahan supaya tidak meluas, termasuk kami sudah menerbitkan surat edaran, kata Al Haris

Jambi (ANTARA) - Gubernur Jambi Al Haris mengeluarkan Surat Edaran Nomor 1377/SE/DLH-3/2023 tentang antisipasi kualitas udara yang memburuk di Provinsi Jambi, yang salah satu poin isinya mengimbau masyarakat setempat mengurangi aktivitas di luar rumah jika tidak penting.

"Tugas kami sebagai satgas adalah mengatasi kebakaran lahan supaya tidak meluas, termasuk kami sudah menerbitkan surat edaran," kata Al Haris usai mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang melaksanakan kunjungan kerja di Provinsi Jambi, Kamis, dalam rangka kesiapan penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Poin kedua dari surat edaran gubernur isinya mengimbau masyarakat menggunakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah guna mengurangi dampak gangguan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Poin terakhir isi surat edaran, Gubernur Al Haris menyatakan jika asap akibat karhutla semakin pekat dan kondisi ISPU (Indeks Standar Pencemaran Udara) menunjukkan level tidak sehat, para bupati/wali kota dan pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemprov Jambi dapat mengambil langkah diperlukan untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan, termasuk kemungkinan meliburkan anak sekolah.

Di Provinsi Jambi, ujar gubernur, luas lahan terbakar sekitar 501 hektare. "Penyebab kebakaran lahan ini adalah karena angin yang bertiup dari arah selatan menuju Jambi. Kita juga menyiapkan water bombing yang digunakan untuk memadamkan api," kata Al Haris.Sementara itu, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam keterangannya memuji langkah Gubernur Jambi Al Haris bersama Satgas Karhutla yang terlihat sangat kompak dalam mengatasi kebakaran lahan.

"Alhamdulillah, saya melihat Provinsi Jambi di bawah komando Gubernur Al Haris ini terlihat sangat kompak dan bersinergi dalam mengatasi kebakaran lahan sehingga ini bisa diantisipasi lebih awal," kata Dudung.

Ia juga mengatakan bahwa dirinya bersama gubernur, Pangdam Sriwijaya, Kapolda Jambi, Danrem, dan Komisi I DPR RI turun langsung meninjau lokasi kebakaran lahan.

"Alhamdulillah, Jambi masih sangat baik dan saya juga berkoordinasi terkait peralatan yang ada. Saya sudah koordinasi dengan gubernur dan gubernur akan mendukung secara langsung peralatan, baik untuk Babinsa dan kepolisian. Semuanya akan dievaluasi, di mana kekurangannya nanti akan didukung," tambah Dudung.