Pulang ke Metro, 316 haji disambut wali kota

id Jamaahhaji

Pulang ke Metro, 316  haji disambut wali kota

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin menyambut jamaah haji asal Bumi Sai Wawai di Masjid Taqwa, Senin (17/7) sekitar pukul 21.15 WIB. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Sebanyak 316 peserta haji asal Kota Metro kembali pulang ke Bumi Sai Wawai dengan keadaan sehat. Kepulangan jamaah yang tergabung pada kloter 36 tersebut disambut langsung oleh Wali Kota, Wahdi Sirajuddin, Forkopimda dan ratusan keluarga di halaman Masjid Taqwa Metro pada Senin (17/7) pukul 21.15 WIB. 

"Alhamdulillah, seluruh jamaah haji yang sebelumnya kita lepas pada 4 Juni lalu kini sudah pulang. Bisa kita lihat semuanya tampak sehat dan segar. Semoga, menjadi haji yang mabrur," kata Wahdi usai penyambutan. 

Ketua kloter 36 Pemkot Metro, Setyo Pramono mengatakan, kepulangan jamaah sudah sesuai dengan jadwal yang ditentukan. 

"Semua petugas dan jamaah dalam keadaan sehat dan sangat bersyukur pada waktu pelaksanaan haji. Kloter kita tergabung dalam maktab 47 yang terdiri dari delapan kloter. Alhamdulillah, kelompok kita yang satu-satunya tidak berkurang jamaahnya," ucapnya. 

Dikatakannya, pada saat pelaksanaan haji ada beberapa kendala saat jamaah sampai di Minna, Mekkah. Salah satunya, yakni adanya keterlambatan pemberian makan dan masalah transportasi.

Kendala ini, tambah dia, terjadi lantaran di tahun 2023 ini banyak jamaah dari berbagai negara yang melaksanakan haji. 

"Di hari pertama di Minna kita ada keterlambatan makan, tapi itu sudah terselesaikan. Kemudian, ada juga masalah transportasi karena sangking banyaknya jamaah. Kami koordinasi dengan petugas Maktab dan langsung terselesaikan. Di hari selanjutnya, alhamdulillah tidak ada kendala lagi dan para jamaah semua sehat," pungkasnya.