Kemenag sebut jamaah haji asal Lampung yang wafat bertambah jadi 15 orang

id Lampung,Bandarlampung,Haji,Kemenag Lampung,Kemenag.,Jamaah Haji

Kemenag sebut jamaah haji asal Lampung yang wafat bertambah jadi 15 orang

Kloter Jamaah Haji asal Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung yang tiba di Asrama Haji, Rajabasa. Bandarlampung, Rabu, (5/7/2023). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Lampung menyebutkan jamaah haji yang meninggal dunia di Tanah Suci, Arab Saudi, bertambah menjadi 15 orang.

"Kami ingin mengabarkan terdapat dua orang haji yang meninggal dunia sehingga total kini ada 15 orang yang wafat saat di Tanah Suci," kata Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo, dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan bahwa kedua haji yang meninggal dunia tersebut adalah Sri Wahyuni Sumarno asal Kabupaten Lampung Tengah dan Hartini warga Lampung Timur.

"Almarhum Sri Wahyuni meninggal pada pukul 05.30 WAS yang merupakan haji dari Kloter JKG 57 dan Hartini dari Kloter JKG 32 wafat pada pukul 10.00 Waktu Arab Saudi (WAS)," katanya. 

Sementara itu Pelaksana Harian Kanwil Kemenag Lampung Erwinto di Asrama Haji mengungkapkan para jamaah haji yang meninggal dunia akan mendapatkan asuransi yang akan masuk ke rekening haji mereka.

"Asuransi melekat dan memang ada tercantum saat mereka melakukan pembayaran haji," katanya.

Ia mengatakan pemberian asuransi akan dilakukan setelah semua jamaah haji kembali ke Tanah Air  dan akan diberikan ke ahli waris jamaah haji yang meninggal dunia.

"Jadi ada dua versi, kalau meninggal di sini (di Tanah Air) maka ada hitungannya tersendiri, begitu pun apabila meninggal dunia di Arab Saudi ataupun di perjalanan pulang, jadi besarannya berbeda," katanya.

Ia mengatakan nantinya keluarga jamaah haji yang meninggal dunia bisa melapor ke Kemenag dengan membawa surat-surat yang dibutuhkan, kemudian akan diproses secara administrasi.

"Untuk besarannya kami tidak tahu berapa jumlah, sebab kami hanya bantu proses administrasi saja, nanti klaimnya langsung masuk ke rekening jamaah atau ahli warisnya," kata Erwinto.

Adapun rincian jamaah haji yang meninggal dunia yakni Jamaah Haji asal Kota Bandarlampung empat orang, Kabupaten Lampung Tengah empat, Lampung Timur empat, Waykanan satu, Lampung Barat satu dan Lampung Utara satu orang.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 392 Jamaah Haji Debarkasi Antara asal Kabupaten Lampung Utara tiba di Asrama Haji Provinsi Lampung usai menjalankan Ibadah Haji di Tanah Suci, Arab Saudi.