PT ASDP siapkan 222 kapal feri jelang Angkutan Lebaran 2023

id ASDP ,Jumlah kapal ,persiapan jelang lebaran

PT ASDP siapkan 222 kapal feri jelang Angkutan Lebaran 2023

Kapal saat sedang sandar dan melakukan bongkar muat di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. ANTARA/Riadi Gunawan.

ASDP telah memprediksi akan ada peningkatan jumlah pembeli tiket kapal pada tahun ini.
Lampung Selatan (ANTARA) - Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan pihaknya telah menyiapkan dermaga dan kapal feri untuk persiapan jelang arus mudik Lebaran tahun 2023.

"Kami tentunya menyiapkan seluruh pelabuhan kami yang ada, yaitu 36 pelabuhan di seluruh Indonesia juga 222 kapal dan kami sudah menyiapkan dalam kondisi baik dan prima untuk bisa beroperasi pada saat Lebaran nanti," kata Shelvy saat diwawancarai di Bakauheni Harbour City, Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat.

Selanjutnya dia mengatakan, pihaknya telah memprediksi akan ada peningkatan jumlah pembeli tiket kapal pada tahun ini.

"Untuk tiket, dari tahun lalu sampai hari ini sudah ada peningkatan, namun secara persentase untuk rinciannya sekitar 10 persen dari tahun lalu, dan juga sudah ada yang membeli meskipun masih jauh hari," kata dia lagi.

Menurut dia pula, dari survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bahwa ada 123 juta pemudik secara nasional menggunakan jasa penyeberangan.

"Nah dari situ mungkin 5,5 persen atau sekitar 6,6 juta pengguna jasa itu akan menggunakan penyeberangan kami untuk tahun 2023 ini, itu untuk penyeberangan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk," ujarnya lagi.

Dia mengatakan, sampai hari ini tiket belum terlalu banyak dipesan, karena pihak ASDP akan terus melakukan sosialisasi terkait pembelian tiket dari jauh hari.

"Karena kami rasa sosialisasi masih harus terus dilakukan bahwa tidak ada penjualan tiket di pelabuhan, sehingga semua pengguna jasa diharapkan sudah membeli tiket sebelum masuk pelabuhan minimal satu hari sebelum tiket keberangkatan," ujar dia pula.

Dia menyampaikan, karena untuk pembelian tiket Ferizy sudah bisa dilakukan dari H-60 sebelum keberangkatan.

"Untuk pembelian tiket bisa dilakukan dari jauh hari, karena kami di ASDP tidak menjual tiket di dalam pelabuhan," katanya lagi.
Baca juga: ASDP: waspadai cuaca ekstrem di lintas Merak - Bakauheni
Baca juga: Jelang lebaran, ASDP wajibkan pemudik feri reservasi tiket online dan hindari beli tiket di calo