Peristiwa sepekan, Pilot Susi Air hingga transaksi mencurigakan Rp300 T

id MAhfud MD, pencarian pilot susi air

Peristiwa sepekan, Pilot Susi Air hingga transaksi mencurigakan Rp300 T

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani (kanan) dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD (kiri) menyampaikan keterangan kepada wartawan terkait dugaan transaksi gelap karyawan Kemenkeu di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Sabtu (11/3/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa hukum mewarnai pemberitaan nasional sepekan terakhir, mulai dari pencarian pilot Susi Air hingga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyebut ada transaksi mencurigakan Rp300 triliun di Kementerian Keuangan.

Berikut lima berita hukum sepekan yang menarik untuk disimak:

1. Polisi perluas pencarian pilot Susi Air hingga Kabupaten Lanny Jaya
Komandan Satgas Damai Cartenz 2023 Kombes Pol. Faizal Rahmadani mengakui saat ini pencarian Pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru diperluas hingga ke Kabupaten Lanny Jaya.

"Pencarian saat ini dilakukan hingga ke Kabupaten Lanny Jaya karena Egianus Kogoya dan kelompoknya sudah meninggalkan Paro, Kabupaten Nduga," paparnya, Senin.

Selengkapnya di sini

2. PPATK bekukan rekening Rafael Alun dengan nilai transaksi Rp500 miliar
Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) membekukan puluhan rekening Rafael Alun Trisambodo dan keluarganya dengan nilai transaksi lebih dari Rp500 miliar pada periode 2019 hingga 2023.

"Nilai transaksi yang kami bekukan nilainya D/K (Debit/Kredit) lebih dari Rp500 miliar dan kemungkinan akan bertambah," kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini

3. KKB tembak Boeing Trigana saat hendak terbang dari Dekai
KKB, Sabtu dilaporkan menembak pesawat Boeing Trigana Air IL 222 Seri 300 dengan nomor penerbangan PK--YSC sesaat setelah terbang dari bandara Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Pesawat terbang dari Sabtu sekitar pukul 14.06 WIT setelah take off atau tinggal landas dari Bandara Dekai Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan.

Selengkapnya di sini

4. Mahfud MD sebut ada transaksi mencurigakan Rp300 triliun di Kemenkeu
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengungkapkan ada temuan transaksi mencurigakan di lingkungan Kementerian Keuangan senilai Rp300 triliun.

"Saya sudah dapat laporan terbaru tadi pagi, malah ada pergerakan mencurigakan senilai Rp300 triliun di lingkungan Kementerian Keuangan yang sebagian besar ada di Direktorat Jenderal Pajak dan Bea Cukai," kata Mahfud MD di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini

5. Mahfud MD: Transaksi mencurigakan Rp300 triliun akumulasi sejak 2009

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjelaskan transaksi mencurigakan di Kementerian Keuangan senilai Rp300 triliun merupakan akumulasi sejak 2009 yang melibatkan sebanyak 460 orang.

"Itu tahun 2009 sampai 2023. Ada 160 laporan lebih sejak itu, tidak ada kemajuan informasi, sesudah diakumulasikan semua melibatkan 460 orang lebih di kementerian itu sehingga akumulasi terhadap transaksi yang mencurigakan itu bergerak di sekitar Rp300 triliun," kata Mahfud di Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII), Jalan Kaliurang, Sleman, Rabu.

Selengkapnya di sini
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sepekan, Pilot Susi Air hingga transaksi mencurigakan Rp300 T