Lilin-lilin besar pada perayaan Imlek

id perayaan imlek bandung,vihara bandung,imlek 2023

Lilin-lilin besar pada perayaan Imlek

Lilin-lilin besar dinyalakan pada perayaan Tahun Baru Imlek di Vihara Dharma Ramsi, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Minggu (22/1/2023). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung (ANTARA) - Lilin-lilin besar dinyalakan di vihara pada perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili atau 2023 Masehi di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Minggu.

Sekitar 200 lilin besar dinyalakan di Vihara Dharma Ramsi di Kelurahan Cibadak di Kota Bandung menurut sukarelawan di vihara tersebut. Lilin paling besar yang dinyalakan tingginya sekitar 1,5 meter.

"Kalau ada yang nungguin itu nyalanya bisa sampai tiga bulan, tapi kalau enggak ada yang nunggu paling 15 hari juga dicabut," kata Asikin, seorang sukarelawan di Vihara Dharma Ramsi.

Menurut dia, pengurus Vihara Dharma Ramsi menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk menyambut Tahun Baru Imlek, termasuk menggelar pertunjukan barongsai.

Namun demikian, menurut dia, pengunjung Vihara Dharma Ramsi pada perayaan Imlek tahun ini belum seramai pada masa sebelum pandemi COVID-19.

Pengurus Vihara Tanda Bhakti di Kelurahan Kebon Jeruk, Kota Bandung, juga menyalakan lilin-lilin besar pada perayaan Tahun Baru Imlek. Ada 18 lilin besar yang dinyalakan di vihara itu.